Program Akselerasi Guru Besar PTKI Membuahkan Hasil

by

in
Program Akselerasi Guru Besar PTKI Membuahkan Hasil

PTKI

Jakarta, Jurnas.com – Program akselerasi Guru Besar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang dimulai sejak tahun 2016, telah menghasilkan dan melahirkan sejumlah guru besar dari berbagai disiplin ilmu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Bila ditilik dari perjalanannya, program ini dari tahun ke tahun telah mengalami kemajuan yang signifikan dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas pendidik (dosen) terutama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Realitas ini bisa dilihat dan dibuktikan dalam program bantuan akselerasi Guru Besar di tahun ketiga (tahun 2018), boleh dibilang determinasi program ini dalam melahirkan Guru Besar sangatlah nyata, bahkan bisa dibilang telah memenuhi ekspektasi yang luar biasa.

Tahun 2018, Diktis menargetkan dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun program akselerasi ini telah menghasilkan sejumlah karya ilmiah yang mampu menembus (published) pada Jurnal Internasional Bereputasi.

Ternyata realitasnya dari jumlah peserta yang mengikuti program ini (22 orang) dalam kurun waktu setahun bukan saja terpenuhinya publikasi artikel dalam Jurnal Internasional Bereputasi tetapi lebih dari itu telah melahirkan Guru Besar sebanyak 15 orang, sebuah expektasi yang pantastis dan perlu diapresiasi.

Baca juga.. :

Sebagai informasi program akselerasi Guru Besar Tahun 2018 Direktorat Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan University Putra Malaysia dan dilaksanakan selama lebih kurang lebih 2 (dua) minggu di Malaysia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Prof. Dr. M. Arskal Salim, dalam sebuah kesempatan mengatakan, program akselerasi Guru Besar ini merupakan sebuah program dengan ekspektasi yang membanggakan.

“Bukan hanya target waktu saja yang terlampaui tetapi lebih dari itu jumlah guru besar yang lahirpun sangat signifikan dalam waktu yang bersamaan. Program akselerasi Guru Besar ini bukan saja perlu terus dilanjutkan, bahkan kalau perlu ditingkatkan jumlah dan sasarannya serta mendapatkan perhatian yang lebih besar dari Kementerian Agama,” Kata Arskal.

Lebih lanjut Arskal tak lupa mengucapkan selamat kepada para peserta Program Akslerasi Guru Besar yang telah menyandang predikat Guru Besar dan terima kasih atas kerja keras dan keseriusannya menjalankan program tersebut kepada mitra Kementerian Agama dalam hal ini University Putra Malaysia.

Program akselerasi Guru Besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dilaksanakan melalui dua skema yaitu, Pertama skema dalam bentuk Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Artikel (karya ilmiah) bidang ilmu ekonomi syariah/Islam yang ada di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kedua, skema pelatihan Penulisan dan Penerbitan Artikel (karya ilmiah) bidang ilmu sosial dan sains Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Negeri (PTKIN).

Sebagai informasi, Jumlah guru besar sampai saat ini berjumlah 496 (empat ratus sembilan puluh enam) orang dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2015- 2019).

Pertambahan guru besar telah mencapai 132 orang yang tersebar diberbagai PTKIN, dimana pertambahan massif terjadi di tahun 2019 ini yaitu sebanyak 38 orang dan masih dimungkinkan terus bertambah sampai akhir bulan Desember 2019 ini mengingat masih ada usulan guru besar yang masih dalam proses di Kemenristekdikti.

TAGS : Akselerasi Guru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62043/Program-Akselerasi-Guru-Besar-PTKI-Membuahkan-Hasil/