Qatar Airways Tegaskan Wilayah Udara Iran Aman

by

in
Qatar Airways Tegaskan Wilayah Udara Iran Aman

Qatar Airways (Foto: Reuters)

Doha, Jurnas.com – Qatar Airways mengatakan tak ada masalah menggunakan wilayah udara Iran di tengah meningkatnya ketegangan militer antara Iran dan Amerika Serikat dalam beberapa hari terakhir. Ia bersikeras bahwa wilayah udara, yang saat ini dihindari beberapa maskapai, benar-benar aman.

Maskapai yang bermarkas di Doha itu mengatakan, pihaknya tidak kehilangan pelanggan selama ketegangan militer baru-baru ini antara Iran dan AS yang bahkan menyebabkan jatuhnya sebuah pesawat Ukraina minggu lalu di dekat ibu kota Iran, Teheran.

Kepala Eksekutif  Qatar Airways, Akbar al-Baker mengatakan, penerbangan ke Iran akan terus berlanjut meskipun ada beberapa hal yang berlawanan dari beberapa maskapai lain.

Pengumuman itu dikeluarkan di tengah laporan media yang penerbangan Qatar Airways dari Teheran ke Doha “secara ajaib” lolos dari penembakan pertahanan udara Iran pada  8 Januari,.

Saat itu pesawat Boeing 737-800 milik maskapi Ukraine International Airlines secara tidak sengaja ditembak jatuh setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini.

Baca juga.. :

Semua 176 orang di pesawat, sebagian besar dari mereka yang kembali ke Kanada melalui Kiev setelah menghabiskan liburan musim dingin di Iran, tewas dalam kecelakaan itu.

Militer Iran bertanggung tanggung jawab penuh atas insiden yang terjadi beberapa jam setelah Iran menembakkan lebih dari selusin rudal di dua pangkalan militer di negara tetangga Irak yang diduduki oleh pasukan militer AS.

Serangan-serangan itu ditujukan untuk menanggapi pembunuhan AS pada awal Januari dari komandan militer luar negeri Iran Letnan Jenderal Qassem Soleimani.

Qatar Airways telah mengalihkan banyak penerbangannya melalui wilayah udara Iran sejak dilarang terbang di beberapa negara Arab di Teluk Persia pada Juni 2017 ketika konflik politik meletus antara Qatar dan sekelompok negara-negara Arab yang dipimpin Arab Saudi.

TAGS : Konflik Militer Qatar Airways Boeing 737-800

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65746/Qatar-Airways-Tegaskan-Wilayah-Udara-Iran-Aman/