Qatar Tutup Visa untuk Warga Mesir

by

in
Qatar Tutup Visa untuk Warga Mesir

CEO Qatar Airways, Akbar al-Baker (Foto: Naseem Zeitoon / Reuters)

Doha, Jurnas.com – CEO Qatar Airways, Akbar al-Baker mengatakan, Qatar tidak akan memberikan visa kepada warga mesir.

“Visa tidak akan terbuka untuk musuh kita – itu akan terbuka untuk teman-teman kita,” kata al-Baker tentang orang Mesir yang ingin datang.

“Apakah visa terbuka bagi kita untuk pergi ke sana? Tidak. Jadi mengapa kita harus membukanya untuk mereka? Semuanya berbalas,” sambungnya.

Itu merupakan komentar pertama pejabat Qatar sejak keretakan hampir dua tahun di negara Teluk. Sejak saat itu, Qatar tidak akan lagi memberikan visa kepada orang-orang dari Mesir, negara Arab yang paling padat penduduknya.

Sementara itu, Qatar belum mengkonfirmasi akan mendeportasi warga Mesir di negara itu.

Banyak orang Mesir mengatakan proses visa sejak ditutup pada 2017. Ada lagi pengecualian terbatas untuk anggota keluarga dekat warga Qatar dan untuk acara yang disetujui secara khusus.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Qatar pada 2017, menuduhnya mendukung “terorisme”. Doha membantah tuduhan itu.

Sementara warga dari tiga negara Teluk dipanggil kembali ke negara asalnya karena keretakan, warga Mesir – yang merupakan minoritas Arab terbesar di Qatar – tetap dan merupakan bagian yang cukup besar dari tenaga kerja negara kecil namun kaya itu.

Qatar memiliki populasi 2,7 juta tetapi hanya sekitar 300.000 warga negara. Laporan 2017 oleh konsultan swasta memperkirakan 200.000 orang Mesir.

“Ketika Anda membuka senjata ke Qatar, Qatar akan membuka lengannya lebih besar untuk Anda. Tetapi jika Anda menjadi musuh Qatar, maka kami juga akan memperlakukan Anda sebagai musuh,” kata al-Baker.



TAGS : Qatar Timur Tengah Mesir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52179/Qatar-Tutup-Visa-untuk-Warga-Mesir/