Refleksi Natal, PDIP: Semua Agama dan Kepercayaan Mengajarkan Kebaikan

by

in
Refleksi Natal, PDIP: Semua Agama dan Kepercayaan Mengajarkan Kebaikan

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi di Jember, Jatim

Jakarta, Jurnas.com – PDI Perjuangan mengucapkan selamat Natal bagi seluruh umat Kristiani yang merayakannya.

Natal penuh semangat solidaritas, keberpihakan bagi yang miskin, dan penghormatan terhadap seluruh aspek kemanusiaan,” ujar Hasto Kristiyanto,
Sekjen DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Kata Hasto, Natal itu mencerahkan, membawa harapan untuk memulai karya penyelamatan Allah yang dimulai dari awal, melalui proses yang menyatu dengan seluruh dinamika kehidupan manusia itu sendiri.

Karena itu, kata Hasto, PDI Perjuangan terus meneguhkan bahwa di dalam Pancasila, nilai-nilai ketuhanan, meniru sifat-sifat Tuhan, sekaligus dihayati dalam relasi dengan sesama sehingga nilai ketuhanan tersebut menyatu dengan nilai kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah menyelesaikan persoalan dan agama.

“Juga memperjuangkan hadirnya keadilan sosial, sebagaimana dilakukan oleh negara Indonesia,” ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Hasto, Pancasila yang membumi, berarti memberikan penghormatan bagi setiap warga bangsa di dalam mengeskpresikan kehendaknya untuk memuji, menghormati, dan mengabdi Tuhan dengan cara-cara yang berkebudayaan.

“Cara-cara yang mengekspresikan alam rasa dan alam pikir dalam satu kesatuan sehingga agama dan kepercayaan terhadap Tuhan hadir dalam kebaikan,” jelasnya.

Ia memaparkan, PDI Perjuangan menyadari bahwa ketika nilai spiritualitas dipahami dalam seluruh dimensi kebudayaan Indonesia, maka semangat merawat alam dan lingkungan, mewayuhayuning bawana, akan menjadi bagian dari ekspresi keagamaan agar semua makhluk berbahagia.

“Selamat Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020,” tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

TAGS : Natal Pancasila PDI Perjuangan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/64554/Refleksi-Natal-PDIP-Semua-Agama-dan-Kepercayaan-Mengajarkan-Kebaikan/