Reinkarnasi Sepasang Kekasih dalam Kokdu: Season of Deity

Reinkarnasi Sepasang Kekasih dalam Kokdu: Season of Deity

Di kehidupan keduanya, tugas Oh Hyeon sebenarnya sederhana. Menemukan reinkarnasi Seol Hee, kekasihnya, lalu memberikan cincin yang tak sempat dia berikan semasa hidup. Perlu upaya ekstra dan campur tangan para dewa agar hubungan mereka (akhirnya) bisa berujung bahagia.

KISAH cinta Oh Hyeon (Kim Jung-hyun) dan Seol Hee (Im Soo-hyang), pasangan di masa Joseon, berakhir tragis. Namun, Sang Pencipta memberi mereka kesempatan kedua lewat reinkarnasi. Oh Hyeon, yang bersikukuh menunggu kekasihnya di dunia antara hidup-mati, dikutuk Sang Pencipta. Dia dikutuk menjadi malaikat maut bernama Kokdu.

Seol Hee terlahir lagi sebagai Han Gye-jeol, dokter IGD lulusan universitas berperingkat rendah di Korea. Dia tinggal bersama Han Cheol (Ahn Woo-yeon), adiknya yang bekerja sebagai detektif polisi. Gye-jeol dipecat sebagai ’’tumbal” kasus yang dilakukan pimpinan RS tempatnya bekerja. Dia pindah ke RS Pilseong, salah satu rumah sakit terbaik Korea.

Saat pindah ke RS Pilseong, dia bertemu dengan profesor dan ahli bedah Do Jin-woo (Jung-hyun). Gye-jeol langsung jatuh hati pada Jin-woo, yang membantunya tanpa peduli latar belakangnya. Tae Jeong-won (Kim Da-som), rekan dokter sekaligus sahabat SMA-nya, memperingatkan Gye-jeol untuk hati-hati dengan si ahli bedah.

Tapi, belum lama menaruh hati, Jin-woo berubah. Dia dirasuki Kokdu, yang dibangkitkan tiap 99 tahun sekali dengan jatah hidup 99 hari saja. Selama ’’bertugas”, sang malaikat maut dikawal Ok Shin (Kim In-kwon) dan Gak Shin (Cha Chung-hwa).

Tak cuma mencabut nyawa, Kokdu juga harus mampu memenuhi janji Oh Hyeon yang belum terwujud semasa hidup: memberikan cincin bunga kepada Seol Hee.

Di episode pertama, Kokdu: Season of Deity sukses mengecoh penonton. Sama seperti serial reinkarnasi, separo episode dihabiskan untuk mengupas masa lalu tragis karakter utama. Belum lagi, ada cerita tentang skandal korupsi di lingkungan RS. Tapi, mood kelam itu berhasil dibalik. Tebakan penonton tentang cinta pada pandangan pertama langsung dibabat tim produksi sejak awal.

Alih-alih fokus pada cerita berat, Kokdu justru penuh komedi. Jin-woo yang kalem mendadak berubah menjadi malaikat maut ekspresif Kokdu. Soo-hyang juga tampil komikal sebagai Gye-jeol. Belum lagi, duo dewa pengawal Kokdu: Ok Shin, dewa keserakahan yang kerap asbun alias asal bunyi dan dewi gosip Gak-shin. Humor slapstick sampai keributan ala Tom dan Jerry pun ’’matang” karena chemistry para pemeran yang baik.

Menurut Jung-hyun dan Soo-hyang, Kokdu adalah proyek yang menyenangkan. Genre fantasi, yang sempat dianggap sulit, justru membuat para cast penasaran. ’’Dan yang paling penting, syutingnya seru,” imbuh Soo-hyang.

Hal itu juga diakui Jung-hyun. Mereka menjelaskan, serial fantasi itu mengemas topik kematian dari sudut pandang berbeda. Bahkan, para karakternya pun jauh dari kelam. ’’Kalau mengutip kata-kata anak sekarang, setiap peran ’bautnya’ longgar. Alias cukup nyentrik,” kelakar Soo-hyang.

Meski demikian, dia menjelaskan, tetap ada cerita suka duka dalam hidup, tapi dituturkan dengan ringan. Jung-hyun menilai, Kokdu punya pesan universal yang disampaikan lewat setiap karakternya. ’’Mereka mampu mengalahkan insecurity dan menemukan cinta sejati. Setiap orang punya hak untuk dicintai,” tegasnya.

TRIVIA

– Syuting sempat ditunda sementara karena Lee Ji-han meninggal dunia di tragedi Itaewon pada perayaan Halloween akhir Oktober 2022. Rilis pun mundur, dari akhir tahun lalu menjadi Januari 2023.

– Mendiang Ji-han digantikan Lee Jung-joon. Dia memerankan Jung Yi-deun, pegolf profesional dan mantan kekasih Gye-jeol.

– Sama seperti di Mr. Queen, Jung-hyun juga ikut menyumbang soundtrack.

– Dia menyanyikan lagu tema I Am.

KOKDU: SEASON OF DEITY

Rating sensor: 13+

Sutradara: Baek Soo-chan, Kim Ji-hoon

Penulis naskah: Kang Yi-heon, Heo Joon-woo

Penyiaran: MBC, Viu, iQIYI

Episode: 16 (sudah tayang 4 episode)

Pemeran: Kim Jung-hyun, Im Soo-hyang, Kim Da-som, Ahn Woo-yeon, Kim In-kwon, Cha Chung-hwa

My DramaList: 7,8/10

AsianWiki: 91 %


Credit: Source link

Related Articles