Rekrutmen CPNS Dibuka Bagi Lulusan SMA untuk Formasi Sipir Penjara

by

in

JawaPos.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dapat diikuti oleh lulusan SMA. Akan tetapi hanya untuk formasi tertentu saja.

“Untuk SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” ungkap dia seperti dikutip, Senin (22/3).

Para lulusan SMA juga bisa mengikuti CPNS dengan mengikuti seleksi sekolah kedinasan. Nantinya mereka akan menjalani pendidikan sesuai ketentuan sekolah kedinasan tersebut.

Baca Juga: CPNS 2021 Segera Dibuka, Ini Jadwalnya, Jangan sampai Ketinggalan

Dia juga memberikan penjelasan bahwa terdapat sejumlah formasi di pemerintah daerah (pemda) yang dapat diisi oleh lulusan SMA. Tetapi bukan sebagai CPNS, melainkan honorer. Salah satu contohnya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti posisi tenaga kebersihan atau petugas parkir.

“DKI perlu tenaga kebersihan, tenaga parkir, tenaga (pembersih) gorong-gorong, kan nggak harus PNS. Ambil saja honorer. Ambil saja satu-dua tahun (kontrak), asal (gaji) UMR silakan,” ungkap dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link