Ribuan Rakyat Venezuela Kembali Turun ke Jalan

by

in
Ribuan Rakyat Venezuela Kembali Turun ke Jalan

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyerukan protes besar-besaran (Foto: Carlos Garcia Rawlins/Reuters)

Caracas, Jurnas.com – Ribuan pendukung oposisi dan pro-pemerintah berunjuk rasa di Venezuela pada Rabu (1/5), sehari setelah pemimpin oposisi Juan Guaido menyerukan agar militer menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.

“Jika rezim berpikir kami telah mencapai tekanan maksimum, mereka bahkan tidak bisa membayangkan,” kata Guaido kepada ribuan pendukung di Caracas timur.



“Kita harus tetap di jalanan,” sambungnya.

Maduro juga meminta para pendukungnya turun ke jalan. Di akun Twitternya, ia mengatakan bahwa campur tangan asing bukanlah jalan maju di Venezuela.

Baca juga.. :

“Telah ditunjukkan bahwa campur tangan, kudeta, dan konfrontasi bersenjata, bukanlah jalan bagi Venezuela kita tercinta,” tulis Maduro.

“Jalur untuk menyelesaikan perbedaan akan selalu menjadi konstitusionalitas dan saling menghormati,” tambahnya.

Di bagian barat Caracas, Venezuela memukul genderang dan membawa spanduk yang menyerukan “kebebasan”. Di jalan raya dekat pangkalan udara di timur ibukota, pasukan pemerintah menembakkan gas air mata ke arah para pengunjuk rasa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan khawatir dengan laporan pasukan keamanan menggunakan kekuatan berlebihan terhadap demonstran.

“Sehubungan dengan protes massa yang direncanakan hari ini, kami menyerukan semua pihak untuk menunjukkan pengekangan maksimum dan pada pihak berwenang untuk menghormati hak untuk berkumpul secara damai. Kami juga memperingatkan terhadap penggunaan bahasa yang menghasut orang untuk melakukan kekerasan,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pendukung Maduro berbaris merah, dan para pemimpin partai mengatakan hasil Rabu adalah hasil bagi pemerintah.

“Kemarin, kebencian dan improvisasi menang; tidak ada yang tahu siapa yang memimpin hari ini,” kata Diosdado Cabello, presiden Majelis Konstituante Nasional, selama pawai.

“(Di pihak kita) kita merayakan kemenangan, dan kita merayakannya dengan kelas pekerja,” sambungnya.

Guaido memilih Hari Buruh Internasional untuk melakukan protes besar di tengah upaya memenangkan dukungan dari para pemimpin serikat pekerja, yang terdiri dari basis tradisional yang selalu menunjukkan dukungan untuk Maduro dan partai sosialisnya.

Partisipasi protes memberikan ujian bagi rencana Guaido menggulingkan Maduro, sehari setelah pemimpin oposisi menyerukan “pemberontakan militer” sejak mengajukan konstitusi untuk mendeklarasikan dirinya sebagai presiden sementara pada 23 Januari.

“Ini adalah waktu untuk keluar dan memprotes,” Rachid Yasbek, seorang pemimpin oposisi, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Entah bagaimana telah ada beberapa fragmentasi dalam struktur pemerintah; itu akan menjadi kesalahan untuk berhenti,” tambahnya.

Maduro menuduh Amerika Serikat (AS) dan Guaido melakukan “kudeta”. Pada Selasa (30/4) malam, presiden sosialis menyatakan kemenangan atas pemberontakan, mengatakan langkah oposisi tidak akan dibiarkan begitu saja.

Meskipun Guaido telah mendapat dukungan dari AS dan puluhan negara Barat lainnya, Maduro memegang dukungan dari angkatan bersenjata dan Rusia, China, Iran, Turki dan Kuba.

TAGS : Konflik Venezuela Juan Guaido Amerika Latin Nicolas Maduro

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51966/Ribuan-Rakyat-Venezuela-Kembali-Turun-ke-Jalan/