Rizieq Enggan Bocorkan Swab Test Covid-19, Moeldoko: Akan Bawa Risiko

by

in

JawaPos.com – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab masih merahasiakan hasil swab test Covid-19. Begitupun RS UMMI tempat Rizieq Shihab yang belum lama ini menjalani perawatan.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyarankan sebaiknya Rizieq Shihab mengumumkan hasil swab test terhadap dirinya tersebut. Karena untuk mengetahui penelusuran kontak Rizieq Shihab.

“Dilihat kepentingannya ya. Kalau kepentingannya untuk tracing, ada sebuah situasi seseorang berada dalam sebuah lingkungan yang patut diwaspadai, patut menjadi atensi bersama, maka itu perlu dideklarasi karena akan melihat rentetannya,” ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/12).

Moeldoko mengatakan, setiap warga negara bertanggung jawab untuk melindungi warga lainnya seperti tidak menularkan virus ke yang lainnya. Oleh karena itu penting untuk Rizieq Shihab mengumumkan hasil test swab-nya tersebut.

“Ini terkait tanggung jawab moral kepada siapapun. Kalau seseorang memiliki status positif Covid-19 dan dia sembrono masih berkomunikasi dengan orang lain. Maka itu akan membawa sebuah risiko bagi orang lain. Berarti orang itu tidak punya tanggung jawab sosial,” katanya.

Moeldoko lalu membandingkan dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju yang hampir setiap pekan melakukan swab test Covid-19. Nantinya hasil test tersebut diberitahukan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Nah jika ada yang positif, mereka juga wajib memberitahukan Kemenkes. Hal itu dilakukan untuk menelusuri kontak atau tracing.

Baca juga: Klaim Tidak Terpapar Covid-19, Pengacara: Habib Rizieq Kelelahan

“Kalau seperti kami-kami ini di kabinet, setiap ada kegiatan dengan Presiden, hampir setiap minggu kita swab. Kalau seandainya seseorang itu ternyata mendapatkan (hasil) positif (Covid-19), pasti akan tracing karena di lingkungan kita, maka lapornya kepada Menteri Kesehatan, kepada semua aparat yang terlibat dalam tracing akan dilibatkan. Jadi, kalau internal kita berada dalam lingkungan petugas kesehatan, maka secara otomatis akan bekerja untuk melakukan tracing,” ungkapnya.

Diketahui, hasil swab test Covid-19 Rizieq Shihab sudah keluar. Dia menjalani test swab tersebut di Mer-C. Namun demikian Rizieq Shihab tidak ingin memberitahukan hasil test yang telah ia lakukan.

Kemudian RS UMMI, Bogor tempat Rizieq Shihab menjalani perawatan juga enggan membocorkan apa sakit yang diderita oleh pendiri FPI tersebut.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link