Rouhani: Iran Janji Tetap Kalem, Jika…

by

in
Rouhani: Iran Janji Tetap Kalem, Jika...

Presiden Iran, Hassan Rouhani (Foto: Tehran Time)

Dubai – Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan kembali pada Minggu (13/5), bahwa Teheran akan tetap berkomitmen sesuai kesepakatan nuklir 2015, bila kepentingannya dilindungi.

Dalam kesempatan itu Rouhani juga mengecam penarikan diri Amerika Serikat (AS) yang disebutnya sebagai pelanggaran moral, dan melawan peraturan internasional.

Baca juga : Israel Bersiap Sambut Kedutaan AS di Yerusalem

“Jika lima negara yang tersisa terus mematuhi perjanjian, Iran akan tetap dalam kesepakatan, meskipun ada kendak (lain) dari Amerika,” kata Rouhani dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi nasional.

Dilansir dari Reuters, keputusan Presiden AS Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir telah mengganggu Eropa. Ada ketidakpastian atas pasokan minyak global, dan risiko konflik di Timur Tengah makin meningkat.

Baca juga : AS Desak Qatar Tak Beri Dukungan kepada Milisi Iran

Iran memang memastikan tidak akan neko-neko, selagi Inggris, Prancis, Rusia, Jerman, dan China tetap memegang teguh kesepakatan nuklir yang diteken 2015 silam.

Namun pernyataan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif untuk memulai tur kekuatan dunia, sudah mulai menimbulkan keresahan. Terutama muncul ancaman Iran akan menarik diri dari Perjanjian Nonproliferasi Nuklir.

Baca juga : Iran Negosiasikan Kembali Kesepakatan Nuklir

TAGS : Iran Nuklir Amerika Serikat Eropa

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34299/Rouhani-Iran-Janji-Tetap-Kalem-Jika/