RS di Hong Kong Tak Lagi Aman untuk Demonstran

by

in
RS di Hong Kong Tak Lagi Aman untuk Demonstran

Dokter rumah sakit (Ilustrasi foto: Shutterstock)

Hong Kong, Jurnas.com – Rumah sakit umum di Hong Kong yang dikenal profesional, kini berubah menjadi front baru dalam protes anti-pemerintah yang telah menelan waktu lebih dari lima bulan terakhir.

Dalam sebuah insiden 7 Oktober 2019 lalu di salah satu rumah sakit di Hong Kong, polisi anti huru-hara bersenjatakan perisai dan pentungan menginterogasi seorang perempuan hamil di samping tempat tidurnya di bangsal rumah sakit, yang dianggap sebagai ancaman bagi kerahasiaan para petugas medis dan pasien.

Kedua petugas itu mengabaikan permintaan staf medis untuk tidak memasuki ruangan perempuan hamil itu, yang membuat seorang perempuan berusia 19 tahun ditahan karena dicurigai ikut serta dalam protes ilegal.

Dikutip dari Reuters pada Jumat (22/11), polisi jarang memasuki rumah sakit atau atau bangsal darurat sebelum protes meningkat pada Juni lalu menurut Arisina Ma, Presiden Asosiasi Dokter Umum Hong Kong (HKPDA), yang mewakili staf rumah sakit umum, dan enam dokter dan perawat lain.

Sekarang, penangkapan dan interogasi terhadap tersangka di ruang rumah sakit umum telah menjadi hal biasa, kata Ma.

Baca juga.. :

Hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa pengunjuk rasa yang membutuhkan perawatan medis mungkin menghindari sistem rumah sakit umum, karena takut ditangkap.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, HKPDA mempertanyakan mengapa polisi memasuki bangsal kehamilan, dan tidak mengindahkan “kebutuhan untuk melindungi hak-hak pasien”.

“Polisi anti huru hara bersenjata datang ke rumah sakit umum dengan peralatan lengkap, yang menakutkan,” kata seorang perawat yang hanya menyebut namanya Cheng.

“Reputasi rumah sakit dihancurkan tidak hanya oleh polisi Hong Kong tetapi juga manajer administrasi Otoritas Rumah Sakit yang mencoba dan menekan kebebasan berbicara di antara para profesional perawatan kesehatan.”

Otoritas Rumah Sakit telah menginstruksikan staf untuk tidak mengambil bagian dalam majelis umum dan menyatakan pendapat tentang protes karena mereka mengatakan itu mempengaruhi operasi rumah sakit.

Ma dari HKPDA mengatakan manajemen Otoritas Rumah Sakit telah berada di bawah “tekanan kuat” dari pemerintah daratan dan lokal, dan para pendukung polisi, yang menyulitkan mereka untuk mendukung rekan-rekan mereka.

Otoritas Rumah Sakit menolak berkomentar. Polisi telah membela tindakan mereka, menyebut mereka perlu untuk memerangi protes yang semakin menjadi kekerasan.

“Polisi menghormati privasi pribadi. Saat melakukan penyelidikan atau operasi di rumah sakit, polisi tidak akan mengganggu operasi rumah sakit dan layanan pasien,” kata polisi dalam sebuah pernyataan kepada Reuters.

HKPDA mengatakan situs webnya telah dibanjiri dengan ribuan pesan penting yang diposting oleh “pendukung Republik Rakyat Cina” setelah kelompok dokter mengutuk penembakan seorang pengunjuk rasa oleh polisi.

“Bahkan jika kamu tidak berpartisipasi dalam apa pun, tetapi kamu tidak menonjol untuk mengutuk protes, kamu akan menjadi orang yang melakukan sesuatu yang salah,” kata Ma.

Banyak pengunjuk rasa mengatakan mereka terlalu takut untuk mencari perawatan di rumah sakit umum, lebih memilih klinik pop-up yang diawaki oleh sukarelawan yang bermunculan di seluruh kota.

“Ini waktu yang sangat kritis karena sistem medis kami memiliki hubungan dengan kepolisian,” kata Ben, pemrotes berusia 30 tahun yang mencari perawatan di sebuah klinik.

“Orang takut pergi ke rumah sakit,” tambah dia.

Kelompok yang menjalankan klinik mengatakan juga memberikan pengobatan gratis kepada pasien di jalanan. Fung, sukarelawan mahasiswa kedokteran berusia 24 tahun, mengatakan bahwa klinik itu telah membantu ribuan pasien, menggunakan aplikasi media sosial seperti Telegram untuk berkomunikasi, membantu meminimalkan pengawasan resmi.

TAGS : Rumah Sakit Hong Kong Aksi Protes

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/62758/RS-di-Hong-Kong-Tak-Lagi-Aman-untuk-Demonstran/