Rusia Tawarkan Paspor ke Penduduk Ukraina Timur

by

in
Rusia Tawarkan Paspor ke Penduduk Ukraina Timur

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Mikhail Metzel/TASS )

Kiev, Jurnas.com – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (25/4) menandatangani penyederhanaan prosedur untuk mendapatkan paspor Rusia bagi penduduk Ukraina Timur, yang saat ini dikuasai oleh kelompok separatis.

Perang lima tahun antara pasukan Ukraina dan kelompok yang didukung oleh Rusia telah menewaskan 13.000 orang, kendati ada gencatan senjata yang ditandatangani pada 2015.



Dikutip dari Reuters, upaya terbaru Rusia merupakan ujian awal bagi presiden Ukraina terpilih, Volodymyr Zelenskiy yang menang telak atas kandidat petahana Petro Poroshenko, dalam pemilu yang berlangsung pekan lalu.

Dalam keterangannya, Zelenskiy menyebut tindakan Putin menunjukkan bahwa Rusia mengobarkan perang di Ukraina, dan membuat pihak tidak lebih dekat dengan perdamaian. Karena itu, dia menyerukan komunitas internasional untuk mengancam Rusia dengan lebih banyak sanksi.

Baca juga :

Sementara Poroshenko sebelumnya menyebut bahwa Rusia kemungkinan mencoba mencaplok wilayah Donbass, setelah sebelumnya menganeksasi Krimea.

Rusia, melalui tindakan yang sangat provokatif ini, meningkatkan serangannya terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut, Ukraina mendesak warga untuk tidak mengajukan paspor Rusia, dan memberi tahu PBB mengenai langkah Rusia. Kiev juga meminta Uni Eropa untuk mengambil tindakan “cepat dan tegas”.

Sebagian wilayah Donetsk dan Luhansk saat ini berada di bawah kendali de facto dari pemberontak yang didukung Moskow, sementara Ukraina mengatakan mereka bertekad untuk menegaskan kembali kendalinya, yang sudah didukung oleh sebagian besar negara-negara Barat.

TAGS : Ukraina Timur Rusia Vladimir Putin Volodymyr Zelenskiy

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/51660/Rusia-Tawarkan-Paspor-ke-Penduduk-Ukraina-Timur/