Sambut Hari Ayah Nasional dengan 7 Ide Seru Bersama Keluarga

JawaPos.com – Sebentar lagi, pada 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Anak dan bunda di rumah dapat menyiapkan ide seru untuk bermain bersama ayah.

Sejarah Hari Ayah Nasional 12 November dipelopori oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) seperti laporan laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya hari ibu, Indonesia juga memiliki hari ayah.
Awal mula PPIP mengusulkan penetapan Hari Ayah Nasional bermula ketika peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2014.

Ayah adalah kepala keluarga dan juga role model atau panutan bagi anaknya. Saat merayakak Hari Ayah sebagai apresiasi, cobalah beberapa ide untuk menghormati dan merayakannya bersama keluarga seperti dilansir dari Family Search, Kamis (10/11).

1. Pelajari Silsilah Keluarga

Menelusuri silsilah keluarga ayah dapat membantu anak mempelajari lebih lanjut tentang masa lalu dan warisan budaya keluarganya. Ini bisa menjadi cara yang bermakna untuk merasa lebih terhubung dengan keluarga, dulu dan sekarang.

2. Siapkan Hadiah

Perburuan hadiah bisa menjadi kegiatan keluarga yang menyenangkan, dan juga cara yang bagus untuk menyembunyikan hadiah. Cobalah siapkan hadiah dan kejutan di hari ayah.

3. Lakukan Teka-teki Bersama

Gabungkan hadiah dengan aktivitas, dan dapatkan teka-teki sebagai hadiah untuk Hari Ayah. Untuk membuatnya lebih istimewa, rangkailah teka-teki khusus yang dibuat dengan foto keluarga.

4. Bagikan Kenangan Favorit Bersama Ayah

Berbagi dan menyimpan kenangan favorit tentang ayah atau figur ayah dalam hidup akan membuat kenangan tetap segar dalam ingatan. Itu juga dapat membantunya merasa dicintai dan dihargai.

5. Selenggarakan Kompetisi Keluarga

Lakukan serangkaian permainan untuk bersaing sebagai satu keluarga. Bunda dapat memainkan game dan tetapkan menang atau kalah serta libatkan bonus dan hadiah.

6. Buat Hadiah Buatan Sendiri

Meluangkan waktu untuk membuat hadiah sendiri akan membuat hadiah menjadi lebih bermakna. Cobalah membuat kerajinan tangan, jadikan itu sebagai kegiatan keluarga.

7. Lakukan Liburan Kecil

Keluarga dapat melakukan perjalanan akhir pekan ke tempat baru. Ajak ayah dan lakukan cara yang menarik dan melalui hal-hal baru bersama.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link