Sambut Tahun 2023 dengan 4 Resolusi Gaya Hidup Lebih Sehat

Sambut Tahun 2023 dengan 4 Resolusi Gaya Hidup Lebih Sehat

JawaPos.com – Bagi sebagian besar orang, perayaan tahun baru juga kerap dijadikan momen yang tepat untuk kembali mengevaluasi perjalanan hidup selama setahun belakang. Sudahkah sehat hidup Anda selama setahun ini?

Akhir tahun dapat menjadi refleksi bahwa kesehatan adalah yang utama. Salah satu resolusi tahun baru yang paling sering dibuat adalah meningkatkan kualitas hidup dengan membiasakan hidup lebih sehat. Salah satu cara yang paling efektif untuk mempunyai tubuh yang lebih sehat adalah dengan mempunyai kesadaran penuh untuk mulai memperhatikan segala asupan nutrisi yang dikonsumsi dan mengontrol rutinitas maupun berbagai kebutuhan yang dibelanjakan setiap harinya.

Dalam kampanye SPayLater 1.1 Sale Shopee, Kamis (29/12), membagikan beberapa kebiasaan positif yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas pola hidup. Jadikan 4 hal ini sebagai resolusi sehat tahun depan.

1. Bangun pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang tepat

Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu langkah awal yang penting untuk kamu lakukan saat membangun kebiasaan hidup sehat. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat menerapkan pola makan sehat, tidak hanya menyesuaikan jumlah makanan, mengatur jam makan dan memperhatikan jenis makanan juga menjadi kunci utama mencapai gizi yang seimbang. Selain itu, juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas setiap harinya untuk menjaga fungsi seluruh organ dan mencegah dehidrasi.

2. Penuhi kebutuhan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

Yang tidak kalah penting untuk melengkapi gaya hidup sehat adalah memastikan kebutuhan vitamin harian-mu selalu terpenuhi. Selain untuk menjaga imunitas tubuh sehat dan fit, vitamin juga dapat meningkatkan energi, mengatur metabolisme, hingga menjaga kesehatan kulit. Ada banyak cara bagi kita untuk memenuhi kebutuhan vitamin, seperti mengonsumsi sayur, buah, dan ikan secara teratur hingga berjemur di bawah sinar matahari pagi.

3. Tingkatkan energi dengan rajin berolahraga

Selain memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, Anda juga bisa mengimbanginya dengan mulai rajin dan konsisten berolahraga. Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat dan membantu mengontrol berat badan, berolahraga juga memiliki segudang manfaat lain seperti membuatmu menjadi lebih berenergi sehingga kamu bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih bersemangat. Agar olahraga tetap efektif, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan olahraga yang tidak hanya memiliki kualitas terbaik tetapi juga yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, kenyamanan saat berolahraga juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi konsistensi.

4. Istirahat cukup dan tidur teratur

Setelah beraktivitas seharian, sangat penting bagi kita untuk beristirahat dengan tidur yang cukup. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda, namun orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya. Untuk memastikan tidur kita berkualitas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membuat kondisi kamar senyaman mungkin, buat jadwal tidur yang rutin, perhatikan makanan dan minum yang dikonsumsi sebelum tidur, dan membatasi penggunaan gadget saat sudah waktunya tidur.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles