Sandiaga jajal skuter konversi listrik karya anak bangsa

Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjajal skuter konversi listrik produksi dalam negeri karya Elders Elettrico.

Sandiaga mengapresiasi produk tersebut yang dinilainya sebagai sebuah inovasi dalam mengonversi kendaraan bermotor bensin menjadi kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Pada kesempatan ini kita menyambut era pariwisata baru dengan kendaraan listrik yang ikut menumbuhkan suatu inisiatif dan inovasi agar kita bangkit untuk kepulihan sektor ekonomi kreatif,” ujar dia dalam rilis pers, dikutip Jumat.

Skuter konversi listrik itu, kata dia, akan dilelang di gelaran Vespa World Days (VWD) 2022 yang akan digelar pada 9-12 Juni di Peninsula Island, Bali.

Baca juga: Presiden beli motor custom untuk dukung inovasi pemuda

Adapun hasil lelang akan disumbangkan kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) lokal di Bali untuk memajukan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga turut menyambut baik gelaran VWD 2022 yang digelar di Indonesia untuk pertama kalinya. “Biasanya acara Vespa World Days itu diadakan di Eropa dan sekarang untuk pertama kali dalam sejarah akan hadir di Indonesia,” ucap dia.

Sementara itu, CEO Elders Elettrico Heret Frasthio mengatakan unit-unit skuter konversi tersebut akan diuji coba dari Surabaya menuju Bali untuk mengetahui kekuatannya.

Skuter konversi listrik itu memiliki spesifikasi baterai Lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Eletricco V1. 12 1,2Kw Disc Brake serta controller Eletricco Square Wave 50a. Kecepatan maksimumnya antara 50 – 55 km/jam serta memiliki jarak tempuh hingga 70- 80 km dengan Mode Eco.

Bertepatan dengan momentum VWD 2022, Elders Elettrico juga akan mengadakan Open House di Elders Energy Building, Pererenan, Bali pada 13 Juni.

Di markas barunya itu, Elders Elettrico akan menyediakan kebutuhan untuk kendaraan listrik, apparel atau perlengkapan riding dan area kreatif untuk para pecinta kendaraan listrik.

Selain di Jakarta dan Bali, Elders Elettrico juga terus memperluas jangkauan layanan konversi dengan sistem kemitraan di Bandung, Bogor, dan Makassar.

Baca juga: Kunjungi Google di Singapura, Sandiaga berencana lanjutkan kolaborasi

Baca juga: Sandiaga gagas wisata kapal pesiar dari Singapura ke Indonesia

Baca juga: Menparekraf dukung KEK Nongsa Digital Park dengan semangat 3G

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link