Sandiaga Uno Dorong Percepatan Digitalisasi 10 Juta Pelaku Ekraf

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga (Menparekraf) Salahuddin Uno mendorong percepatan transformasi digitalisasi pelaku ekonomi kreatif sehingga dapat menyelamatkan perekonomian di tengah Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021 di Jawa dan Bali.

“Dalam pertemuan secara daring dengan 3-4 ribu pelaku kuliner dan ekonomi kreatif, kita sudah men-challenge mereka dapat membantu pemerintah untuk melakukan digitalisasi ke target 10 juta orang,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com (4/7).

Sandiaga mengatakan, PPKM Darurat ini mengubah rencana-rencana pemulihan ekonomi yang sudah disusun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Di antaranya penerapan program work from Bali hingga wisata vaksin yang bakal dipusatkan di provinsi yang sama.

“Rencana tersebut akan menyesuaikan dengan sand box. Di mana kita siapkan kebijakannya secara dinamis. Harus mampu untuk menjawab dengan singkat kenaikan kasus positif COVID-19 di sejumlah wilayah,” tambah Sandiaga.

Pria yang akra disapa Mas Menteri ini menegaskan, pada PPKM Darurat ini semua pusat pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jawa dan Bali tutup. Selain itu wilayah lain di luar Jawa dan Bali menyesuaikan dengan kondisi masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Untuk itu, lanjut Sandiaga, pihaknya akan terus menggencarkan vaksinasi dan berupaya mempercepat penyaluran dana hibah guna menyelamatkan perekonomian masyarakat yang bergantung pada sektor parekraf.

“Bantuan untuk pelaku ekonomi kreatif ini harus dipercepat sehingga mereka tidak mengalami situasi kerusakan permanen,” kata Sandiaga Uno.


Credit: Source link