Sandiaga Uno Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

JawaPos.com – Bank Indonesia (BI) berkomitmen mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tanah air. Salah satunya melalui Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang digelar 27-29 Mei di Jakarta Convention Center (JCC). Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut, sinergi, digitalisasi, dan globalisasi adalah tiga kunci untuk membangkitkan sektor usaha rakyat tersebut.

Dalam acara tersebut sekitar 200 pelaku UMKM hadir memamerkan produknya secara offline. Sedangkan, 500 UMKM melakukan pameran secara virtual. Setiap tahun, BI melibatkan dengan 13 kementerian/lembaga, 5 asosiasi, serta 26 industri dalam dalam pergelaran KKI. Meliputi industri perbankan, pembayaran, marketplace, aggregator ekspor, hingga para desainer.

“Dengan sinergi, kita bisa membangkitkan UMKM dari daerah ke nasional, bahkan hingga ke tingkat global,” terang Perry.

Menurut dia, digitalisasi merupakan cara efektif dan efisien untuk membuat UMKM naik kelas. Mengintegrasikan usaha rakyat dalam ekonomi keuangan digital nasional. Sehingga tak hanya menjadi pemain skala domestik saja, tapi juga secara global.

Melalui digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk merancang desain produk hingga sistem pembayaran. Agar proses transaksi ekonomi UMKM dapat dilakukan secara cepat, mudah, dan aman. Bisa melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan BI FAST.

“Dari pembeli sampai penjual tidak harus menunggu berhari-hari. Cashflow akan meningkat dan itulah kebangkitan UMKM Indonesia,” ujar lulusan Iowa State University itu.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Agas Putra Hartanto


Credit: Source link