Satgas Covid-19 Sebut Kasus Akan Naik Jika Prokes Kendur

by

in

JawaPos.com–Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Suharyanto mengingatkan, kasus positif akan meningkat jika penerapan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat kendur.

”Masyarakat tidak perlu panik dengan adanya kenaikan kasus karena sejatinya kasus naik karena perilaku masyarakat yang sudah mulai tidak disiplin prokes. Maka selalu lakukan prokes secara ketat,” kata Suharyanto seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Suharyanto juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan tidak melakukan mobilitas yang tidak perlu. ”Selalu jaga kesehatan agar imun tubuh tetap tinggi,” ujar Suharyanto yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Dia mengungkapkan, sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan kasus Covid-19 belakangan ini meningkat. Salah satunya karena varian Omicron yang sudah mulai terjadi penularan di masyarakat.

”Namun, faktor lain seperti berkerumun, tidak pakai masker, dan tidak menjaga kebersihan, serta tidak divaksinasi lengkap untuk yang bisa divaksin, juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kenaikan kasus,” terang Suharyanto.

Suharyanto yakin, periode kenaikan kasus Covid-19 saat ini bisa dilewati jika semua bisa menahan dan mengendalikan diri untuk tidak berkontribusi dalam penularan dan melakukannya secara kolektif. Selain itu, vaksin dosis lengkap dan penguat (booster) akan menjadi pelindung yang baik karena imunitasnya akan tinggi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link