SDM Unggul Kunci BUMN Menghadapi Ketatnya Persaingan

SDM Unggul Kunci BUMN Menghadapi Ketatnya Persaingan

JawaPos.com – Perusahaan konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk terus melakukan pengembangan kapasitas dan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu mengingat salah satu kunci penting untuk dapat bersaing pada tantangan yang dihadapi bisnis saat ini, dalam bentuk disrupsi teknologi, tingkat persaingan yang tinggi, dan ketidakpastian lainnya, seperti pandemi Covid-19.

Corporate Secretary Perseroan Yuyus Juarsa mengatakan, dalam hal pengembangan talenta, pihaknya mengembangkan strategi pengelolaan SDM yang berfokus pada peningkatan critical core competency dan peningkatan Human Capital Readiness.

Ia menjabarkan, untuk meningkatkan penguasaan critical core competency, Perseroan telah menjalankan berbagai program, antara lain melakukan review kamus kompetensi sesuai dengan tuntutan kompetensi saat ini, melakukan review dan development kurikulum jabatan untuk seluruh personil, dan melaksanakan formal training melalui PP University.

“Perseroan telah mengembangkan pula program-program pengembangan terpadu, mulai dari pegawai bergabung (New Joiner) hingga pegawai memasuki masa pensiun (Pre- Retirement),” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (3/11).

Sedangkan, untuk meningkatkan Human Capital Readiness dan memenuhi kebutuhan personil kunci dalam mengikuti pertumbuhan perusahaan, Perseroan menyiapkan sistem aderisasi bagi setiap posisi jabatan strategis dari jalur karir di bawahnya.

“Untuk menciptakan SDM Unggul, Perseroan menjalankan proses kerja yang berfokus pada pencarian bibit unggul sejak proses rekrutmen yang dilanjutkan dengan program pengembangan terstruktur sampai dengan menempati suatu jabatan strategis di perusahaan,” tuturnya.

Ia juga mengungapkan, untuk mempersiapkan talenta menduduki jabatan manajerial dan struktural, Perseroan juga meningkatkan kompetensi korporat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan sekolah bisnis, antara lain Universitas Diponegoro, Prasetiya Mulya Business School, PPM Manajemen, dan IPMI International Business School.

“Melalui program Certified Business Management, pegawai yang masuk dalam talent pool, mengikuti serangkaian modul strategis dan bisnis serta mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Queensland University. Salah satu lulusan program CBM-Quensland University Program saat ini telah menempati jabatan strategis sebagai salah satu Direktur Anak Perusahaan Perseroan,” ungkapnya.

Terakhir, Perseroan juga membentuk Komite Asesor Internal yang beranggotakan karyawan dari level Supervisor, Manager, dan Kepala Divisi. “Pembentukan ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pengelolaan SDM dan memberikan keterampilan bagi asesor yang telah ditunjuk dalam mengidentifikasi kompetensi para talent,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles