Semangat Kebaikan Humanesia, Angkat Kesejahteraan Ekonomi Pelaku UMKM

JawaPos.com — Dompet Dhuafa kembali mengenalkan Humanesia yang mengusung tema #BersamaUntukSesama yang memiliki nilai semangat membantu melalui nilai-nilai kebaikan secara bersama-sama tanpa melihat batasan. Humanesia ini diharapkan bisa menumbuhkan keterlibatan publik dalam gerakan berbagi kebaikan melalui semangat kemanusiaan, kepedulian, dan kekeluargaan dalam membantu kesejahteraan masyarakat dhuafa di masa pandemi.

Pada Humanesia 2020, Dompet Dhuafa memiliki tiga program seperti ‘Para Tangan Tangguh, Kado Akhir Tahun dan Indonesia Siap Siaga. Salah satu bentuk program kebaikan tersebut dalam memberikan bantuan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) bersama Adira Insurance Syariah yang bernama ‘Penguatan UMKM di Masa Pandemi’ dengan menyasar pelaku UMKM yang terhenti usahanya akibat pandemi Covid-19 di Indonesia.

Humanesia hadir sebagai gerakan dengan berbagai rangkaian kegiatan dan program yang mengajak kepedulian seluruh masyarakat untuk terlibat dalam aksi kali ini

Hal ini di rasakan oleh pasangan suami-istri Dulkhafid dan Suyatmi, penjual mie ayam yang merupakan anggota koperasi STF Dompet Dhuafa Semarang dan penerima manfaat program ini menuturkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh para donatur Dompet Dhuafa. Dengan merabaknya pandemi Covid-19, masih banyak pihak yang peduli terhadap masyarakat dhuafa.

Dhulkafid menerima secara simbolis bantuan dari Dompet Dhuafa dalam program Humanesia. (Istimewa)

“Dengan adanya Covid-19, kita harus melakukan adaptasi, seperti sekarang kami untuk menutupi dan menambah penghasilan beberapa pabrik atau tempat berlangganan mie ayam dari kami. Buka dari pagi hingga malam,” ucap Dulkhafid.

Selain itu Dompet Dhuafa turut menghadirkan ragam program lain seperti ‘Para Tangan Tangguh’ berupa bantuan modal usaha untuk menguatkan lini keluarga dan bagi mereka yang terdampak Covid-19. Kemudian ‘Program Program Tangan Tangguh memberikan bantuan modal usaha untuk menguatkan lini keluarga dan bagi mereka yang terdampak Corona. Kado Akhir Tahun’ yang di kemas oleh Dompet Dhuafa menjadi bingkisan terindah bagi anak yatim yang masih kesulitan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) saat masa pandemi Covid 19.

Selain itu ada juga kesiap-siagaan dalam respon kemanusiaan dan kebencanaan yang dikemas dalam campaign ‘Indonesia Siap Siaga’ sebagai langkah antisipasi maupun respon cepat dari peristiwa di Indonesia maupun mancanegara.

“Mari, di bulan kemanusiaan kita sama-sama hadirkan kepedulian bagi sesama dalam semangat Humanesia, bersama untuk sesama,” ujar Taufan Yusuf Nugroho selaku Ketua Humanesia 2020 dalam konferensi pers virtual https://www.youtube.com/watch?v=7mWhoArC6oc&feature=youtu.be.

Dompet Dhuafa terus menyalurkan bantuan kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang terjepit ekonomi atas dampak panjang Covid-19. Program keluarga tangguh telah hadir di wilayah Jabodetabek, Kediri, Malang, Probolinggo dan Sidoarjo, serta berbagai wilayah jangkauan Zona Layanan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. Sejumlah UMKM di bidang kuliner (warung), warung ritel dan industri rumah tangga telah merasakan manfaatnya.

Salah satu pegiat UMKM di Semarang yang menjadi mitra Dompet Dhuafa. (Istimewa)

“Sebaran dalam program Humanesia akan menembus pelosok nusantara dari mulai Sabang hingga Merauke dengan kerjasama cabang-cabang Dompet Dhuafa yang tersebar di penjuru Tanah Air. Bahkan beberapa di belahan dunia, dengan sebaran ini maka diharapkan penerima manfaat akan merasakan sentuhan cinta dari Humanesia,” ucap Ahmad Shonhaji selaku Direktur Budaya, Dakwah, dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet Dhuafa.


Credit: Source link