Senator AS Klaim Suara Mayoritas untuk Cegah Agresi Trump

Senator AS Klaim Suara Mayoritas untuk Cegah Agresi Trump

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengunjungi perbatasan negara itu dengan agen patroli perbatasan di Mission, Texas (Foto: Leah Mills/Reuters)

Washington, Jurnas.com – Senator Partai Demokrat, Tim Kaine, mengklaim memiliki 51 suara di Senat Amerika Serikat (AS) untuk mendukung resolusi bipartisan, yang menyatakan bahwa Presiden Donald Trump harus meminta persetujuan dari Kongres sebelum terlibat dalam aksi militer terhadap Iran.

Dikutip dari Associated Press pada Rabu (15/1), Kaine dari Virginia mengatakan Senat dapat memberikan suara secepatnya minggu depan pada langkah tersebut, yang disponsori bersama oleh dua senator Partai Republik, dan mendapat dukungan dari setidaknya dua orang Republik lainnya.

Senator Republik, Mike Lee dari Utah, dan Rand Paul dari Kentucky, telah mendukung penuh resolusi tersebut bersama Demokrat. Todd Young dari Indiana dan Susan Collins dari Maine mengatakan, mereka juga akan mendukungnya.

“Kami sekarang memiliki mayoritas kolega, Demokrat dan Republik, yang akan berdiri teguh pada prinsip bahwa kami tidak boleh berperang tanpa suara Kongres, dan itu adalah hal yang sangat positif,” kata Kaine kepada awak media.

Resolusi bipartisan “dengan jelas menyatakan bahwa Amerika selalu dapat mempertahankan diri, terhadap serangan dari Iran atau negara lain,” kata Kaine.

“Tetapi kami tidak berpikir bahwa presiden ini atau presiden mana pun harus mengirim pasukan kami ke dalam perang tanpa suara Kongres,” lanjut dia.

Kaine telah lama mendorong kembali kekuatan kongres sebagai pemegang keputusan perang. Dia menerima dukungan terbaru, setelah pemerintahan Trump membunuh jenderal top Iran, Qassem Soleimani, pada awal bulan ini.

Teheran menanggapi serangan AS dengan meluncurkan rudal di dua pangkalan militer di Irak yang menampung pasukan Amerika, kendati tidak ada korban serius yang dilaporkan.

Demokrat dan Republik kompak mengkritik keputusan Trump melakukan serangan pesawat tanpa awak pada 3 Januari 2020 lalu di Baghdad, yang menewaskan Jenderal Soleimani.

Sementara Kaine mengklaim 51 suara, pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan anggota Partai Republik lainnya menentang resolusi bipartisan tersebut. Dikatakan, resolusi itu akan mengirimkan pesan yang salah kepada sekutu AS.


TAGS : Partai Demokrat Donalad Trump Senator AS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/65701/Senator-AS-Klaim-Suara-Mayoritas-untuk-Cegah-Agresi-Trump/

Related Articles