Serang Suriah Utara, Turki Tak Takut Kena Sanksi

by

in
Serang Suriah Utara, Turki Tak Takut Kena Sanksi

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu (foto: Tass)

 

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya tidak takut akan sanksi terhadapnya jika melakukan operasi militer di Suriah Utara, Sabtu (12/10) waktu setempat.

“Jika Turki takut akan sanksi, kami tidak akan memulai operasi ini di Suriah utara. Ini adalah masalah keamanan nasional yang vital bagi kami,” kata Cavusoglu dilansir AA.

Mengulangi bahwa Turki akan merespons secara langsung terhadap kemungkinan sanksi A.S., Cavusoglu menekankan bahwa tidak ada negara yang memiliki kemampuan untuk menurunkan perekonomian Turki.

Sebelumnya, pada Jumat, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan Presiden Donald Trump telah mengesahkan perintah eksekutif yang akan memungkinkan Departemen Keuangan berkonsultasi dengan presiden dan Sekretaris Negara Mike Pompeo bahwa sanksi baru yang sangat signifikan dapat ditargetkan pada setiap orang yang terkait dengan pemerintah Turki, setiap bagian dari pemerintah.

Baca juga.. :

“Presiden prihatin dengan serangan militer yang sedang berlangsung dan penargetan potensial warga sipil, infrastruktur sipil, etnis atau agama minoritas, dan juga presiden ingin menjelaskan bahwa sangat penting bahwa Turki tidak mengizinkan bahkan satu pun pejuang ISIS untuk melarikan diri,” kata Mnuchin.

Menggarisbawahi bahwa Turki memerangi terorisme, dia mengatakan AS seharusnya tidak mendukung kelompok teror YPG / PKK.

“Kami tidak menengahi dan bernegosiasi dengan teroris. Satu-satunya yang harus dilakukan adalah membiarkan teroris mengambil senjata mereka,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa beberapa negara Uni Eropa khususnya Prancis mendukung kelompok-kelompok teror di wilayah tersebut.

Mengacu pada tahanan di penjara yang berada di bawah kendali SDF, komponen utama di antaranya adalah YPG, ia mengatakan langkah-langkah yang diperlukan akan diambil untuk menuntut mereka.

Turki meluncurkan Operasi Musim Semi Perdamaian di Suriah utara pada hari Rabu untuk mengamankan perbatasannya dengan melenyapkan teroris di sana dan untuk memastikan kembalinya pengungsi Suriah yang aman dan integritas wilayah Suriah.

Ankara ingin membersihkan wilayah timur Sungai Efrat dari PKK teroris dan cabang Suriahnya, PYD / YPG.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

TAGS : Menlu Turki Suriah Utara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60810/Serang-Suriah-Utara-Turki-Tak-Takut-Kena-Sanksi/