Setahun Covid-19, Varian Virus Korona Asal Inggris Muncul di Karawang

Setahun Covid-19, Varian Virus Korona Asal Inggris Muncul di Karawang

JawaPos.com – Kasus perdana Covid-19 nasional setahun lalu diumumkan pada 2 Maret 2020 di Depok, Jawa Barat. Ketika itu, Presiden RI Joko Widodo melaporkan dua warga Kota Depok terkonfirmasi positif Covid-19. Kini kasus mutasi baru Covid-19 dari Inggris yang dilaporkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, juga muncul di Jawa Barat, tepatnya di Karawang.

Dalam laman Radar Bogor dan Radar Cirebon, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan bahwa varian baru virus korona dari Inggris itu ditemukan di Kabupaten Karawang. “Varian baru virus Korona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah lakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini,” katanya di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3).

Dalam keterangan resmi, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar kepada wartawan, Ridwan Kamil menegaskan seluruh masyarakat berjuang keras, dan mengambil berbagai terobosan untuk menangani krisis kesehatan dan ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Dirinya selalu menekankan bahwa Pemda Provinsi Jabar memegang prinsip proaktif, transparan, ilmiah, inovatif, dan kolaboratif, dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga: Dua Kasus Mutasi Covid-19 Ditemukan di Indonesia, Kenali Gejalanya

“Kami selaku pemimpin sudah berjuang lahir batin. Semua jurus dikeluarkan tetapi kita harus tetap ikhtiar,” kata Kang Emil, sapaannya.

Untuk mengerem laju penularan, Pemda Provinsi Jabar menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung Raya mendapat perhatian khusus karena penularan COVI-19 tergolong tinggi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles