Setop Jatah Bulanan, Cara Via Vallen Didik Adik-adiknya Agar Mandiri

Setop Jatah Bulanan, Cara Via Vallen Didik Adik-adiknya Agar Mandiri

JawaPos.com – Via Vallen menceritakan pengalaman yang dialaminya sempat dimusuhi adik-adiknya lantaran menyetop jatah bulanan untuk mereka. Itu dilakukan pelantun Sayang itu semata-mata demi memberikan pelajaran agar mereka jadi lebih mandiri dan mau ambil tanggung jawab pada diri sendiri.

Via Vallen yang rutin memberikan jatah bulanan tiap tanggal 1 ke adik-adiknya berawal dari niat baik ingin membahagiakan mereka. Sebab dia sadar berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk kuliah saja Via Vallen kesulitan tidak ada biaya.

“Pas aku punya uang, ya aku nggak mau adik-adikkku juga susah kayak aku. Aku fasilitasi, aku jatah tanpa ada petuah apapun buat mereka,” kata Via Vallen dalam unggahan di Instagram.

Sebagai anak tertua dan sukses dengan karir di dunia hiburan, dia merasa ikut bertanggung jawab membantu adik-adiknya. Namun, sayangnya Via Vallen justru terjebak pada kesalahan dengan terlalu memanjakan mereka.

Via Vallen ternyata bukan cuma memberikan jatah bulanan. Dia juga memberikan mobil, motor, dan sejumlah barang berharga lainnya ke mereka. Bukan hanya itu, dia juga menanggung biaya servis hingga pajak tahunan kendaraan bermotor adik-adiknya.

Dia akhirnya sadar terlalu memanjakan adik-adik ternyata tidak baik. Mereka jadi pemalas dan terus-terusan bergantung dirinya. Via Vallen membuat keputusan besar menyetop bantuan finansial ke adik-adiknya untuk mengajari mereka supaya lebih bertanggung jawab pada diri sendiri.

“Akhirnya aku setop jatah bulanan dan biaya-biaya pribadi mereka termasuk service dan pajak kendaraan dengan tujuan biar mereka mikir dan mau kerja,” tuturnya.

Di awal dia melakukan hal itu beberapa tahun lalu, adik-adiknya marah sampai memusuhinya. Bahkan sejumlah barang pemberian Via Vallen dijual oleh mereka tanpa perlu meminta izin.

Meski awalnya Via Vallen dimusuhi oleh adik-adiknya, namun ada dampak positif yang terjadi pada diri mereka. Adik-adiknya jadi mau bekerja dan lebih bertanggung jawab pada diri mereka sendiri. Istri Chevra Yolandi tentu tidak benar-benar lepas tangan. Dia memberikan modal untuk adik yang mau membuka usaha.

Apa yang dilakukan Via Vallen membuahkan hasil. Kini mereka sudah berhasil menjadi orang bertanggung jawab pada diri sendiri.

“Bentuk sayang dan peduli bukan melulu tentang materi yang akhirnya bikin manja. Kita suapin duit terus kalau anaknya nggak punya keinginan untuk maju yang ada malah merusak masa depannya. Padahal mereka harus tahu tanggung jawab terhadap diri sendiri, karena nantinya mereka bakal berkeluarga,” terang Via Vallen.


Credit: Source link

Related Articles