Setop Sepenuhnya Kapal Komersial, Gunakan Kapal TNI AL

by

in
Setop Sepenuhnya Kapal Komersial, Gunakan Kapal TNI AL

KSOP Pelabuhan Panjang Lampung bersama instansi terkait menyambut kedatangan para pemudik gratis sepeda motor dengan kapal RoRo dan KRI Aceh TNI AL, Minggu (2/5/2019).

Jakarta, Jurnas.com – Kendati pemerintah sudah melarang adanya aktivitas pelayaran untuk kapal penumpang serta beberapa kapal barang, namun masih ada kapal perintis yang beroperasi karena alasan pelayaran rutin non mudik dan pengangkutan logistik.

Memang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 H yang berlaku mulai 24 April 2020 hingga 31 Mei 2020 untuk semua moda transportasi termasuk transportasi laut, ada pengecualian untuk kapal logistik dan perintis.

Pengecualian itu pun tetap memperhatikan protokol Kesehatan serta mendapat persetujuan dari Gugus Tugas Covid-19 di tempat kapal bersandar dan akan berlabuh.

Sehingga hal ini memunculkan kekhawatiran mendalam mengenai pemutusan pandemi Covid-19, khususnya di daerah-daerah tertinggal, terpencil, dan terdepan (3T).

The National Maritime Institute (Namarin) mengusulkan agar pelayaran sipil dalam bentuk apapun dihentikan seluruhnya. Untuk pengangkutan logistik, pemerintah bisa menggunakan kapal milik TNI AL.

Baca juga.. :

“Di negara ini ada belasan Lantamal dan puluhan Lanal yang tersebar hampir di seluruh pelosok negeri. Apa tidak bisa transportasi logistik antarpulau dan angkut penumpang dilakukan oleh kapal-kapal TNI AL? Kapal komersial lebih baik istirahat seratus persen,” kata Direktur Namarin Siswanto Rusdi, Selasa (28/4/2020).

Menurutnya hal itu sudah sesuai dengan ketentuan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam misi kemanusiaan. TNI AL sendiri memiliki puluhan kapal angkut jenis Landing Ship Tank (LST) yang bisa mendarat tanpa memerlukan dermaga yang besar.

“Kenapa tidak kapal-kapal ini (TNI AL) yang dioperasikan atau Pesawat Hercules milik TNI AU, saya yakin mereka mampu dan sudah memiliki anggarannya,” tambah dia.

Dia lebih lanjut menyatakan Namarin sangat khawatir dengan tetap beroperasinya kapal komersial di tengah pandemi ini.

“Sepertinya mereka tengah berusaha mengakali peraturan yang sudah ditetapkan. Karenanya, pimpinan TNI AL saya kira langsung bisa ambil inisiatif,” pungkasnya.

TAGS : Kapal TNI AL Pengangkutan Logistik Kapal Perintis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/71331/Setop-Sepenuhnya-Kapal-Komersial-Gunakan-Kapal-TNI-AL/