Siaga Hadapi Lebaran, Syahbandar Tanjung Priok Periksa Kalaiklautan 18 Kapal

Siaga Hadapi Lebaran, Syahbandar Tanjung Priok Periksa Kalaiklautan 18 Kapal

Tim uji petik Direkrorat Jenderal Perhubungan Laut sedang melakukan tes alat pemadam kebakaran di atas kapal, Senin (13/5/2019)

Tanjung Priok, Jurnas.com – Bersiap menghadapi angkutan Lebaran 1440 H/2019, Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta memeriksa kelaiklautan atau uji petik 12 kapal.

“Kami melaksanakan uji petik di Pelabuhan Tanjung Priok, selain sebagai salah satu tempat asal pemudik yang menuju Barat dan Timur Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok juga menjadi Pelabuhan asal penyelenggara mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut pada tahun 2019,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,  Amiruddin, Senin (13/5/2019).

Menurut Amiruddin, 12 kapal yang selesai diuji petik adalah KM. Dobonsolo, KM. Lawit, KM. Nggapulu, KM. Doloronda, KM. Umsini, KM. Gunung Dempo, KM. Ciremai, KM. Kelud dan KM. Bukit Raya (PT. Pelni), KM. Sawita dan Sakura Express (PT. Bukit Merapin Nusantara Lines), serta KM. Mutiara Ferindo VI (PT. Atosim Lampung Pelayaran).

Amiruddin menyatakan bahwa pihaknya juga telah menyelesaikan uji petik terhadap kapal-kapal penumpang yang berada di wilayah kerja Ancol Marina, di mana terdapat kapal penumpang yang berlayar menuju Kepulauan Seribu.

“Kami telah memeriksa sebanyak 6 unit kapal, yaitu Kapal Pulau Ayer II, Bidadari Express, Kahyangan Express 7, Ocean Pearl, Putri Island II, dan Pulau Putri I,” ungkap Amiruddin.

Amiruddin menambahkan, bahwa pihaknya menugaskan setiap kepala seksi untuk mendampingi setiap marine inspector yang bertugas pada setiap pemeriksaan kapal. Dengan demikian, diharapkan setiap pemeriksaan yang dilakukan dapat lebih detail dan terukur.

Adapun pemeriksaan uji petik yang dilakukan, jelas Amiruddin, meliputi pemeriksaan alat-alat keselamatan kapal, seperti ketersediaan jaket penyelamat (life jacket), serta uji coba sekoci, alat pemadam kebakaran, alat komunikasi kapal, bahkan tempat tidur penumpang. Semua temuan dari ketidaksesuaian di lapangan akan dilaporkan secara berjenjang dan pemilik kapal diminta untuk memenuhinya dalam waktu secepatnya sebelum Angkutan Laut Lebaran 2019 dimulai.



TAGS : Syahbandar Tanjung Priok uji petik Ditjen Hubla

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52518/Siaga-Hadapi-Lebaran-Syahbandar-Tanjung-Priok-Periksa-Kalaiklautan-18-Kapal/

Related Articles