Siap Ajak Anak Liburan Akhir Tahun, Intip Dulu 7 Tips Berikut

Siap Ajak Anak Liburan Akhir Tahun, Intip Dulu 7 Tips Berikut

JawaPos.com – Liburan akhir tahun lebih seru bersama anak-anak. Selama perjalanan, mereka harus menikmati keseruan bersama orang tuanya. Jangan sampai mereka mengeluh sakit atau rewel.

Sebelum berangkat, cobalah mempertimbangkan tips dari Dokter Spesialis Anak Bamed dr. Rista Harwita Putri, Sp.A., Dalam pemaparannya, ia mengatakan agar anak dapat menikmati liburan dengan optimal, penting untuk menjaga kesehatan sebelum dan selama liburan.

“Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, agar liburan bisa lebih menyenangkan,” ujarnya dalam webinar baru-baru ini.

Apa saja tipsnya?

1. Anak Harus Sehat

Tubuh anak harus dalam keadaan sehat saat berangkat liburan. Caranya yaitu dengan mengonsumsi asupan nutrisi bergizi seimbang dan cukup istirahat sebelum bepergian. Sehingga anak dapat berangkat berlibur dalam kondisi prima.

2. Vaksinasi

Penuhi vaksinasi anak sesuai dengan jadwal sebelum berlibur. Anak lebih dari 6 tahun juga sudah harus mendapatkan vaksinasi Covid-19.

3. Pakaian Nyaman

Penting untuk menyiapkan pakaian sesuai dengan lokasi dan daerah tempat berlibur.

4. Protokol Kesehatan

Perilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar jika membawa anak ke tempat rekreasi yang ramai pengunjung. Bila anak masih belum bisa memakai masker dengan patuh atau masih bayi, sebaiknya bawa anak berlibur bukan di tempat keramaian.

5. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup selama liburan, orang tua perlu membatasi jam bermain dan mengatur waktu istirahat anak selama liburan. Waktu bermain dan istirahat yang seimbang membuat kekebalan tubuh anak tetap optimal.

6. Bawa Obat-obatan

Sebagai tambahan, selalu menyiapkan termometer, obat demam, serta obat-obatan lain yang biasa dikonsumsi anak bila mereka rutin mengonsumsi obat tertentu.

7. Bekal dan Makanan

Siapkan makanan bergizi selama liburan, anak memerlukan zat gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai untuk menjaga daya tahan tubuhnya tetap baik.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles