Sibakul Jogja Gerakkan Transaksi Ekonomi Lokal – KRJOGJA

YOGYA, KRJOGJA.com – UMKM dan koperasi sebagai salah satu pilar penting ekonomi daerah, terus dibina dan dikembangkan Pemda DIY. Namun ada beberapa kendala yang menjadi hambatan dalam proses pembinaan dan pengembangannya. Selain itu, juga ditambah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Untuk mengatasi hal tersebut Pemda DIY telah meluncurkan Sibakul Jogja yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha. Sibakul Jogja merupakan platform digitalisasi layanan urusan Pemerintahan Bidang Koperasi dan UMKM yang melingkupi pendataan dan klasterisasi UKM, pembinaan KUKM dan inovasi fasilitasi penguatan KUKM.

Sibakul Jogja juga sebagai pusat data Koperasi dan UMKM Pemda DIY dimana seluruh kegiatan pembinaan koperasi dan UMKM di wilayah DIY wajib terintegrasi dengan sistem data Sibakul Jogja. Sehingga data riil KUMKM yang sangat membantu memberi gambaran yang tepat postur kekuatan KUMKM, sehingga kegiatan pembinaan KUMKM dapat diarahkan tepat efektif dan berdampak.

Sibakul Jogja sekaligus merupakan sistem manajemen kegiatan pembinaan Koperasi dan UMKM yang diharapkan secara efektif mampu memandu Koperasi dan UMKM dalam menentukan langkah modernisasi cara pengelolaan dan memajukan lembaga nya, sehingga koperasi dan UMKM betul-betul menjadi tulang punggung roda ekonomi yang tangguh, efektif dan modern.

Credit: Source link