Sidat Cilacap Sampai ke Jepang

Sidat Cilacap Sampai ke Jepang

JawaPos.com – Sidat merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki tubuh unik. Bagi orang awam, mungkin akan mengira bahwa sidat adalah belut. Hal ini karena bentuk fisik keduanya hampir sama yaitu berupa tubuh bulat dan memanjang.

Meski masih cukup asing di telinga, hewan air ini justru diburu masyarakat Jepang karena kandungan proteinnya yang tinggi. Biasanya, sidat diolah menjadi berbagai makanan favorit Jepang seperti Unagi, Sushi, dan Kabayaki.

Indonesia merupakan salah satu negara eksportir sidat. Banyak daerah yang menjadi sentra sidat salah satunya adalah Cilacap.

Rudy Sutomo, pria asal Cilacap mencoba keperuntungannya dalam budi daya sidat. Diawali dengan pertemuan salah satu temannya dari Jepang, Rudy mulai ada ketertarikan dengan hewan yang memiliki nilai jual tinggi ini. Mereka pun menangkap sidat yang ada di Cilacap.

Namun, sidat hasil tangkapannya ditolak oleh pihak Jepang karena mereka menginginkan sidat hasil budi daya bukan dari tangkap. Rudy pun berinisiatif menyewa kolam dan belajar budi daya sidat secara otodidak namun ternyata gagal.

Kegagalan tersebut, justru menjadikan Rudy semakin terpacu dan memutuskan untuk belajar ke salah satu Universitas Perikanan yang ada di Jepang. Setelah pulang ke Indonesia, Ia mempraktikkan ilmu yang telah didapatnya di usaha budi daya sidat perorangan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM


Credit: Source link

Related Articles