Simulasi Elektabilitas Capres 2024, Tiga Tokoh Ini Unggul

by

in
Ilustrasi . (BP/dok)

JAKARTA, BALIPOST.com – Survei elektabiltas calon presiden (Capres) di Pemilu 2024 digelar Lembaga Parameter Politik Indonesia pada 15—29 Juni 2022. Dalam simulasi elektabilitas itu, tiga nama tokoh masih unggul.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, ketiga tokoh yang menempati posisi teratas adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebutkan berdasarkan simulasi elektabilitas berbasis pertanyaan terbuka Ganjar Pranowo meraih elektabilitas sebesar 25,4 persen, Prabowo Subianto 19 persen, dan Anies Baswedan 17,8 persen.

Sementara itu, Ridwan Kamil meraup 7,9 persen suara responden, Agus Harimurti Yudhoyono 3,4 persen, dan Sandiaga Uno 2,9 persen. “Terkait dengan elektabilitas berbasis pertanyaan terbuka, kami bertanya kepada responden untuk menjawab secara spontan sehingga Ganjar Pranowo di posisi pertama, disusul Prabowo Subianto dan posisi ketiga ditempati Anies Baswedan,” ujar Adi dalam acara daring rilis hasil survei nasional “Peta Politik Terkini Jelang Pemilu Serentak 2024,” Selasa (12/7).

Dalam simulasi elektabilitas berbasis pertanyaan tertutup, menunjukkan sebanyak 28 persen responden memilih Ganjar Pranowo, kemudian Prabowo Subianto 22,4 persen, Anies Baswedan 19,4 persen, Ridwan Kamil 8,4 persen, Sandiaga Uno 4,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,5 persen, Puan Maharani 1,6 persen, dan sisanya sebanyak 12,3 persen responden belum menentukan pilihannya.

“Nama-nama ini dipilih karena sering disebut publik, memenuhi topik pembicaraan mengenai peta kandidat presiden, dan sangat potensial menjadi figur kandidat yang kemungkinan bisa bertanding pada Pemilu 2024,” kata Adi.

Hasil survei berdasarkan basis elektabilitas per wilayah juga menunjukkan Ganjar Pranowo unggul dengan meraih elektabilitas 36,2 persen di Pulau Jawa dan 17 persen di luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Prabowo Subianto meraih elektabilitas sebesar 19,3 persen di Pulau Jawa dan 26,3 persen di luar Pulau Jawa, serta Anies Baswedan meraih 17,9 persen di Pulau Jawa dan 21,7 persen di luar Pulau Jawa.

Hasil survei ini sejalan dengan beberapa survei Parameter Politik Indonesia sebelumnya yang menunjukkan hasil peringkat tiga besar elektabilitas capres pada Pemilu 2024 didominasi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Survei dari Parameter Politik Indonesia pada tanggal 15—29 Juni 2022 dengan responden adalah penduduk yang sudah berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Pengambilan sampel sebanyak 1.200 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dengan metode telepolling menggunakan kuesioner oleh enumerator terlatih sebagai akibat dari kondisi kasus COVID-19 yang mulai meningkat di beberapa daerah.

Adapun tingkat kepercayaan (significant level) survei ini adalah 95 persen dengan margin of error sebesar 2,9 persen. (kmb/balipost)

Credit: Source link