SMMPTN Wilayah Barat Dibuka, Kuotanya 30% per PTN

by

in
SMMPTN Wilayah Barat Dibuka, Kuotanya 30% per PTN

Ilustrasi ujian SMMPTN

Jakarta – Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-Barat) 2018 sudah dibuka mulai 3 Mei hingga 10 Juli 2018. Dengan demikian, kini calon mahasiswa memiliki opsi untuk memilih program studi dari perguruan tinggi yang diminatinya, seperti yang ditawarkan pada program SBMPTN.

“Pada tahun 2017 ada 28.750 pendaftar SMM PTN, dan yang diterima ada 14,400 orang, jumlah kuota dari masing-masing perguruan tinggi adalah 30%,” terang Ketua SMM PTN-Barat Samsul Rizal di Hotel Atlet Century, Jakarta, Sabtu (28/4).

Sementara Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Barat Syafsir Akhlus menyebutkan tahun ini ada 15 Perguruan Tinggi dari 32 Perguruan Tinggi yang sudah tergabung di dalam SMMPTN.

Ke-15 PTN tersebut yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera (Unsam).

“Calon mahasiswa Bidikmisi pun dapat mengikuti seleksi SMMPTN selama kuota yang disediakan masih mencukupi,” ujar Syafsir Akhlus.

SMM PTN-Barat 2018 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang dilakukan secara serentak antar Perguruan Tinggi Negeri, yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN-Barat).

Penyelenggaraan seleksi dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis, atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Adapun tujuan penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2018 untuk memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi dari berbagai perguruan tinggi serta untuk menyeleksi secara bersama calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

TAGS : Pendidikan SMMPTN

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33434/SMMPTN-Wilayah-Barat-Dibuka-Kuotanya-30-per-PTN/