Soal Serangan Turki, Prancis Serukan Pertemuan Darurat

Soal Serangan Turki, Prancis Serukan Pertemuan Darurat

Pendukung partai sayap kiri Kurdi Irak melambaikan mengibarkan bendera Kurdi (Foto: AFP/ Ahmad al-Rubaye)

Paris, Jurnas.com – Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian menyerukan pertemuan darurat para negara koalisi, guna membahas serangan Turki terhadap milisi Kurdi di Suriah utara.

Le Drian mengatakan bahwa koalisi yang mencakup lebih dari 30 negara perlu membahas berbagai masalah, karena kelompok Islamic State of Irak and Syria (ISIS) dapat mengambil keuntungan dari situasi lapangan untuk muncul kembali.

“Koalisi perlu mengatakan hari ini apa yang akan kami lakukan, bagaimana Anda, Turki, ingin melanjutkan dan bagaimana kita memastikan keamanan tempat-tempat di mana pejuang ditahan? Semuanya perlu di atas meja sehingga kita berada jelas,” kata Le Drian.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (11/10), Turki menyerang milisi Kurdi yang notabene Amerika Serikat di perbatasan Suriah untuk hari kedua, pada hari Kamis (10/10).

Serangan itu memaksa puluhan ribu orang melarikan diri, dan puluhan orang terbunuh. Turki menyebut kelompok Kurdi yang merupakan komponen utama Pasukan Demokratik Suriah merupakan kelompok teroris.

Prancis adalah salah satu sekutu utama AS dalam koalisi pimpinan AS di Suriah dan Irak, dengan pesawat tempurnya digunakan untuk menyerang target militan, dan pasukan khusus di darat yang berkoordinasi dengan pejuang Kurdi dan Arab.

Lusinan pejuang ISIS Prancis juga ditahan oleh kelompok-kelompok Kurdi di daerah yang dekat dengan serangan Turki.

AS mengungkapkan bahwa mereka telah membawa dua pejuang berbahaya keluar dari daerah itu, tetapi Le Drian mengatakan bahwa untuk saat ini Perancis belum mengubah posisinya.

“Kami belum mengubah posisi kami dan itu adalah posisi yang dimiliki oleh semua orang Eropa, tetapi itu berarti keamanan penjara dan kamp ini harus dijamin,” ujar Le Drian.

“Itulah sebabnya serangan Turki sangat serius. Musuh kita adalah ISIS dan mereka belum mati. Pejuang mereka ada di penjara, kamp atau secara rahasia dan sedang menunggu kita mengalihkan perhatian kita di tempat lain,” tambah dia.

TAGS : Turki Suku Kurdi Prancis ISIS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60715/Soal-Serangan-Turki-Prancis-Serukan-Pertemuan-Darurat/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of