Strategi digital FIF membuahkan laba bersih Rp750,78 miliar

Jakarta (ANTARA) – PT Federal International Finance (FIF), anak perusahaan Astra International Tbk di bidang jasa keuangan, membukukan peningkatan laba bersih sebesar 83,20 persen menjadi Rp750,78 miliar pada Januari-Maret 2022, dibanding periode sama pada tahun sebelumnya sebanyak Rp409,80 miliar, berkat penerapan strategi digital yang digencarkan perusahaan.

Baca juga: Jangan panik, perhatikan hal ini saat hadapi “debt collector”

PT FIF mencatatkan pertumbuhan pada nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) menjadi Rp8,11 triliun pada periode Januari-Maret 2022, naik sebesar 11,59 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 7,27 triliun.

Seiring dengan itu, PT FIF juga membukukan pertumbuhan booking unit (BU) sebesar 5,07 persen menjadi 665 ribu unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai sekitar 633 ribu unit.

Presiden Direktur PT FIF, Margono Tanuwijaya, mengatakan hasil itu tidak terlepas dari strategi manajemen dengan menghadirkan beragam inovasi digital yang terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan kepada seluruh customer.

Baca juga: FIF bukukan hasil positif selama 2021 berkat hal ini

“Inovasi digital yang dikembangkan oleh PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit,” kata Margono dalam siaran pers, Kamis.

Lebih lanjut, Presiden Direktur PT FIF menjelaskan bahwa perekonomian yang membaik telah mendukung pergerakan berbagai sektor ekonomi termasuk industri pembiayaan, meskipun kondisinya belum menyamai kondisi di sebelum pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Menurut Margono, berbagai produk digital yang dihadirkan PT FIF di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Aqcuisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercapat akuisisi kredit customer.

FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” tegas Margono.

Baca juga: Sharia Multifinance Astra hadirkan pembiayaan emas logam mulia

Baca juga: 500 pelaku UKM dan pengajar ikuti seminar pendidikan FIFGroup

Baca juga: Motor matic masih dominasi segmen pembiayaan FIF

 


Seorang driver ojek online menandatangani pengajuan relaksasi kredit di cabang FIFGroup Jakarta dalam protokol kesehatan COVID-19. (ANTARA/HO)

Perkembangan lini bisnis per April 2022

PT FIF memiliki 4 lini bisnis utama pada layanan pembiayaan yang disediakan. Keempat lini bisnis tersebut adalah FIFASTRA yang merupakan jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda, DANASTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang merupakan jasa pembiayaan multiproduk, dan AMITRA yang merupakan jasa pembiayaan syariah PT FIF.

Baca juga: FIFGroup gelar berbagai program rayakan HUT ke-33 tahun

Berikut ini perkembangan masing-masing Line of Business (LoB) PT FIF berdasarkan data lapangan yang telah terkumpul sampai dengan April 2022.

Penyaluran pembiayaan setiap lini bisnis PT FIF memperlihatkan peningkatan pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

FIFASTRA yang merupakan core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, naik 9,10 persen dibanding periode sama tahun 2021 yang mencapai Rp 6,51 triliun.

Sementara itu, FIFASTRA juga mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8 persen menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.

Di sisi lain, DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 3,92 triliun atau naik sebesar 13,4 persen pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021 dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 3,46 triliun.

Sedangkan, jumlah booking unit DANASTRA menjadi 456 ribu booking pada periode Januari-April 2022, turun 1,3 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 461 ribu unit.

Untuk SPEKTRA, jumlah nilai penyaluran pembiayaan mengalami kenaikan sebesar 53,04 persen menjadi Rp 254,45 miliar pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama tahun 2021 yang hanya mencapai Rp 166,24 miliar.

Dari sisi booking unit, SPEKTRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 10,13 persen, menjadi 38 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 35 ribu unit.

Unit syariah PT FIF, AMITRA pada periode Januari-April 2022 mengalami peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 4,68 persen menjadi Rp 29,4 miliar dibanding periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai Rp 28,06 miliar. Namun, secara jumlah booking unit, AMITRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 41,05 persen, menjadi 1.687 unit pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 yang mencapai 1.196 unit.

Baca juga: Hijaukan destinasi wisata, FIFGROUP tanam 3.300 bibit pohon

Baca juga: FIFGROUP tanam 33 ribu pohon sepanjang tahun 2022

Baca juga: FIFGroup Fest tawarkan promo untuk masyarakat Jayapura


FIFGROUP melakukan penanganan perubahan iklim melalui program penghijauan (Aksi Tanam Pohon) di Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning, Jatiuwung, Kota Tangerang. ANTARA/HO/FIF

Program Berkelanjutan

Dalam rangka mendukung implementasi program berkelanjutan yang mengacu kepada Environment, Social, and Governance (ESG), PT FIF telah mencatatkan pelaksanaan berbagai program yang masuk ke dalam 4 pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Baca juga: FIFGroup bantu 10 rumah ibadah lintas agama

Pada pilar kesehatan, dalam rangka merayakan HUT Kemilau 33 Tahun, PT FIF mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan kantong darah sebagai persediaan darah untuk masyarakat Indonesia, di mana PT FIF menargetkan untuk mengumpulkan 33.000 kantong darah sepanjang tahun 2022.

Program yang juga dihadirkan oleh PT FIF pada pilar kesehatan di antaranya adalah program Stunting untuk membantu 130 anak penderita stunting di 13 wilayah di Indonesia.

Untuk pilar lingkungan, hingga April 2022, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF menyalurkan Dana Sosial Syariah dengan mengimplementasikan penanaman 33.000 pohon sepanjang 2022 se-Indonesia, di mana hingga bulan April 2022 PT FIF telah melaksanakan penanaman sebanyak 10.525 bibit.

Penanaman tersebut akan terus berlanjut sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam rangka melestarikan lingkungan PT FIF melakukan pemasangan solar panel sebagai salah satu sumber energi listrik di 7 cabang PT FIF pada tahun 2022 dengan total kapasitas yang berhasil terpasang sebesar 86,4 kilowatt-peak (KWp).

Program itu diharapkan dapat mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, sehingga operasional bisnis PT FIF lebih ramah lingkungan.

Untuk membantu pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT FIF menargetkan penyaluran Program Dana Bergulir yang berasal dari Dana Sosial Syariah, di mana program tersebut telah berlangsung sejak tahun 2016 hingga tahun 2021 dengan total jumlah penerima kebermanfaatan sebanyak 803 UMKM.

Pada tahun ini, PT FIF kembali melaksanakan program tersebut dengan menargetkan penyaluran program pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk 550 pelaku UMKM di tahun 2022 dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 1,9 miliar, sehingga total jumlah penerima Program Dana Bergulir dari 2016 hingga 2022 sebesar 1.353 UMKM dengan total dana yang disalurkan lebih dari Rp 4,2 miliar.

Di dalam program tersebut, selain penyaluran dana bergulir, UMKM yang menjadi peserta program tersebut akan menerima program pengembangan dan pembinaan dalam bentuk pelatihan serta webinar dalam rangka meningkatkan pengetahuan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pada pilar pendidikan, PT FIF turut melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan untuk 33 Panti Asuhan di Indonesia dalam mengembangkan program pembinaan bagi santri-santri di seluruh panti asuhan tersebut.

Program lainnya yang dilakukan untuk mendukung pendidikan di Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Guru sebagai program untuk meratakan kompetensi guru-guru di Indonesia.

Baca juga: FIFGroup bantu kembangkan potensi siswa SMK Lampung dan Palu

Baca juga: Kredit motor di FIFGroup Fest Bengkulu dapat diskon angsuran

Baca juga: FIFGroup Fest hadir di Pontianak, ada promo motor Honda

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link