Subholding Gas Pertamina Kembangkan Pasar LNG Global Lewat Gunvor

JawaPos.com – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina menggandeng Gunvor Singapore Pte. Ltd (Gunvor) dalam jual beli liquefied natural gas (LNG) di pasar internasional dan kerja sama bisnis lainnya. PGN dan Gunvor telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) and Confirmation Notice (CN) untuk suplai LNG.

Suplai LNG dari PGN akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor selaku perusahaan trading independen terbesar. “Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Pertamina untuk memonetisasi portofolio LNG dan perusahaan kami memiliki potensi yang cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya. Kami sangat menantikan untuk membuka peluang bisnis tersebut,” ujar CEO Subholding Gas Pertamina, M. Haryo Yunianto dalam keterangannya, Kamis (30/6).

Lebih lanjut, Pertamina sebagai Holding Migas akan mendukung suplai LNG dari portofolio Pertamina untuk bisnis PGN ke pasar internasional. Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan sangat antusias dengan kolaborasi ini.

Pasalnya, Gunvor adalah salah satu perusahaan trading terbesar di dunia. Sinergi dengan Gunvor membuka kesempatan memperluas pasar LNG yang sudah terlebih dahulu dijangkau Pertamina.

“Bermitra dengan Gunvor memungkinkan kami untuk masuk ke pasar baru, dimana sebelumnya akses kami cukup terbatas. Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi menjadi suatu solusi dalam penyediaan energi di regional maupun negara-negara lainnya,” ujar Heru.

Antusiasme terhadap kerja sama ini juga ditunjukkan oleh Co-Head of LNG Trading for Gunvor, Ksenia Alleyne. “Kami senang untuk memasuki transaksi LNG pertama kami dengan PGN dan akan memperkuat kerjasama yang telah terjalin dengan Pertamina Group,” katanya.

Pihaknya berharap kerja sama dengan PGN ke depan dapat membentuk penyediaan LNG yang kompetitif dan andal di pasar global. “Kerja sama ini akan membuka lembaran baru bagi perusahaan kita dan memungkinkan kerja sama yang lebih luas di seluruh dunia,” lanjut Alleyne.

Portofolio bisnis PGN sangat dominan di Indonesia, namun untuk memasuki pasar internasional, PGN membutuhkan mitra strategis mempercepat penetrasi dan komersialisasi bisnis. PGN dan Pertamina Group terus mengoptimalkan peran agar pengembangan bisnis PGN di sektor LNG trading international dapat berkembang secara masif.

Gunvor dipilih karena merupakan salah satu perusahaan trading terbesar di dunia dalam menciptakan solusi logistik memindahkan bahan bakar/energi secara aman dan efisien dari sumber serta penyimpanannya ke tempat yang paling membutuhkan. Gunvor juga memiliki investasi strategis pada infrastruktur industri kilang, pipa, penyimpanan, dan terminal.

Itu melengkapi bisnis inti dan menghasilkan nilai yang berkelanjutan bagi pelanggan di seluruh rantai pasokan global. Pada 2021, Gunvor mencetak pendapatan sebesar USD 135 miliar dari 240 juta MT volume komoditas energi.


Credit: Source link