Sudah Beroperasi, Taksi Helikopter Siap Mengantar ke Titik-titik Ini

Sudah Beroperasi, Taksi Helikopter Siap Mengantar ke Titik-titik Ini

JawaPos.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) kini sudah memiliki layanan taksi terbang menggunakan helikopter diberi nama Cengkareng Heliport. Heliport ini adalah yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia.

“Bandara Soekarno-Hatta itu sudah memiliki 1 fasilitas heliport,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin secara virtual, Jumat (26/2).

Awaluddin menjabarkan, hingga saat ini layanan taksi helikopter ini baru bisa melayani penerbangan dari Cengkareng Heliport ke 72 titik helipad di Jabodetabek, begitupun sebaliknya. Selain dari bandara, layanan penerbangan antar 72 titik tersebut juga bisa dilakukan.

Adapun wilayah yang dilayani diantaranya lima wilayah Jakarta, Kepulauan Seribu, Tangerang, Bogor, Puncak, Tangerang Selatan, Serpong, Bekasi, Depok, Cikarang, Karawang, Sentul, Bandung, Cibubur, Anyer, Cilegon, Sukabumi, dan Pelabuhan Ratu.

Awaluddin mengungkapkan, selain di bandara Soetta, layanan taksi terbang ini rencananya akan diperluas ke beberapa bandara lain yang masih dikelola oleh AP II. Namun, perluasan layanan taksi terbang di bandara lainnya akan sangat bergantung pada ketersediaan lahan di bandara bersangkutan.

“Mungkin Bandara Kertajati yang masih ada space. Bali juga menarik, untuk juga jadi satu topik baru untuk mendukung pariwisata kita,” tuturnya.

Sebagai informasi, di Bandara Soekarno Hatta sendiri sudah tersedia heliport yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hanggar khusus helikopter, kawasan kantor, fasilitas beserta personel untuk evakuasi medis, 1 shooting point dengan 7 parking stand. Sehingga heliport itu bisa menampung sekitar 40 helikopter sekaligus.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles