Suzuki beri tips susun barang bawaan agar tetap efektif saat mudik

Suzuki beri tips susun barang bawaan agar tetap efektif saat mudik
Jakarta (ANTARA) – Selama musim mudik, kendaraan pribadi seperti mobil menjadi pilihan favorit untuk pergi ke kampung halaman.

Meskipun sudah menjadi rutinitas tahunan, persiapan mudik tetap harus dilakukan secara matang agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan aman. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyusun koper dalam mobil agar barang bawaan terorganisir dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Asisten Kepala Departemen Servis PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi dalam keterangan pers, Jumat, mengatakan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan pemilik mobil ketika hendak mengatur barang bawaan di bagasi mobil agar terlihat rapi dan tersusun secara aman selama perjalanan.

“Ketika hendak berpergian jarak jauh seperti mudik, pengendara harus memperhatikan keterbatasan ruang dalam bagasi mobil Anda. Tentukan barang-barang penting yang sangat diperlukan sehingga membawa dan menata barang jadi lebih efektif,” ucap Hariadi.

Baca juga: Cegah kecelakaan, pemudik roda dua diimbau tidak lewah membawa barang

Tips pertama adalah dengan mengoptimalkan prinsip center of gravity. Pemudik dapat mengatur barang-barang bawaan dengan meletakkan barang dengan bobot paling berat dan dimensi paling besar di bagian paling bawah.

Setelah barang yang paling berat dan besar, susunan di atasnya disusul dengan barang yang ukurannya lebih ringan yang dapat ditumpuk untuk menghindari kerusakan barang akibat tertumpuk benda berbobot lebih berat karena adanya gaya gravitasi.

Untuk koper atau tas dengan isi barang-barang berharga seperti laptop, ponsel atau dompet sebaiknya diletakkan di bagian paling atas dan tidak ditumpuk barang lain agar terhindar dari kerusakan serta lebih mudah untuk diambil.

Kedua, pastikan beban seimbang antara sisi kanan dan kiri mobil. Dalam meletakkan barang dan koper, keseimbangan antara beban di sisi kanan mobil harus relatif disamakan dengan beban di sisi kiri mobil untuk menghindari efek limbung yang dapat menyebabkan mobil menjadi tidak stabil.

Kondisi limbung dapat terjadi jika beban lebih berat di salah satu sisi, di mana suspensi dan ban mobil akan mengalami tekanan yang tidak seimbang.

Baca juga: Mudik gaya baru tak lagi repot bawa banyak barang

Selanjutnya, perhatikan pengaturan interlock (barang saling mengunci). Pengendara harus memperhatikan posisi barang sebisa mungkin rapat ke bagian bodi mobil bagian kanan dan kiri, serta tidak menyisakan ruang kosong yang dapat menyebabkan barang bergeser.

Adanya pergeseran barang dapat menimbulkan kerusakan karena goncangan atau gesekan antar barang.

Pertimbangkan pula muatan barang dengan daya muat mobil. Pengendara harus mempertimbangkan muatan barang yang dibawa serta berat beban penumpang.

Beban tersebut dibandingkan dengan daya muat mobil dan usahakan tidak melebihi beban maksimum mobil.

Selain itu, membawa muatan berlebih akan berdampak pada penggunaan bahan bakar karena mobil akan bekerja lebih keras dan membutuhkan putaran mesin lebih tinggi untuk berakselerasi dengan adanya beban yang melebihi kapasitas tersebut.

Terakhir, gunakan pengikat seperti braket atau jaring untuk memastikan barang yang ada di bagasi mobil semakin tidak mudah bergeser atau berpindah tempat.

Selain karena mudah rusak, barang-barang yang mudah bergeser di bagasi mobil berpotensi menjadi tercampur berantakan serta dapat mencelakai kondisi bagasi karena gesekan yang mengakibatkan lecet di interior mobil.

“Pengendara perlu memperhatikan juga posisi peralatan recovery mobil seperti dongkrak atau kunci darurat agar mudah dijangkau jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain penerapan tata letak barang, pengendara juga harus memperhatikan kondisi mobil dalam keadaan prima sehingga perjalanan lebih optimal,” ucap Hariadi.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara dijual mulai Rp359,4 juta

Baca juga: Enam hal yang perlu disiapkan sebelum mudik naik kendaraan pribadi

Baca juga: Tiga hal penting untuk diketahui jika mudik dengan kendaraan pribadi

Pewarta:
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023

Credit: Source link

Related Articles