Sydney Hadapi Banjir Terparah dalam Puluhan Tahun, Ribuan Dievakuasi

Banjir melanda Sydney, Australia pada Senin (22/3). Ini merupakan banjir terparah dalam beberapa dekade terakhir. (BP/AFP)

SYDNEY, BALIPOST.com – Sydney, salah satu kota terpadat di Australia menghadapi banjir yang membuat ribuan warganya mengungsi. Seperti dikutip dari AFP, hujan deras melanda bagian timur Australia pada Senin (22/3) memaksa ribuan orang mengungsi dari banjir terburuk dalam beberapa dekade.

Ini telah mendorong komunitas yang sudah berjuang melawan kekeringan, kebakaran hutan, dan pandemi virus corona ke “titik puncak”. Sekitar 18.000 penduduk diperintahkan untuk mengungsi dari rumah mereka, karena curah hujan yang tiada henti berhari-hari menyebabkan sungai di negara bagian terpadat di Australia, New South Wales, ke tingkat tertinggi dalam 30 tahun.

“Kerusakannya cukup luar biasa,” kata pemilik kafe Port Macquarie Marten Clark, yang mengarungi air setinggi pinggang untuk menemukan furniturnya, berupa lemari es dan peralatan memasuk tersapu banjir.

Gambar udara dari daerah yang terkena dampak paling parah menunjukkan deretan rumah yang terkena banjir, dengan hanya atapnya di atas air. Karena beberapa komunitas pesisir menerima hujan selama tiga bulan dalam beberapa jam, layanan darurat mengatakan mereka menyelamatkan ratusan orang dari air banjir dan menerima lebih dari 8.800 panggilan untuk meminta bantuan.

Di beberapa daerah, pekerja darurat melakukan perjalanan darat dengan perahu penyelamat samudra “Surf Lifesaving” untuk menjangkau orang-orang yang terdampar. Sejauh ini, tidak ada korban jiwa atau cidera serius yang dilaporkan.

Tetapi dengan diperkirakan lebih banyak hujan, delapan juta penduduk di Sydney dan di seluruh negara bagian pada hari Senin diberitahu untuk bekerja dari rumah jika memungkinkan dan menghindari perjalanan yang tidak perlu. “Air masih naik,” kata Jo Dunstan, yang memiliki toko bunga di pinggiran luar kota Sydney, Windsor, saat dia menyaksikan butir air hujan berlomba melewati rumah-rumah tetangga. “Itu menakutkan, sangat menakutkan untuk sedikitnya.”

Lebih dari 12 bulan yang lalu, wilayah itu kering: mengalami kekeringan yang berkepanjangan, pembatasan air dan kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya. “Ketika Anda telah melalui tiga atau empat insiden yang mengubah hidup di atas satu sama lain, itu dapat membuat Anda merasa seperti berada di titik puncak,” kata Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian.

“Saya tidak tahu kapan pun dalam sejarah negara bagian di mana kami mengalami kondisi cuaca ekstrem ini secara berurutan di tengah pandemi.”

Cuaca ekstrem

Para ilmuwan telah memperingatkan Australia bahwa diperkirakan kejadian cuaca yang lebih sering dan lebih ekstrem akan terjadi sebagai akibat dari perubahan iklim. Perdana Menteri Scott Morrison, yang pemerintahan konservatifnya dituduh menunda-nunda tindakan iklim, mengatakan Australia “sedang diuji sekali lagi” oleh “peristiwa mengerikan”.

Dia mengatakan kepada parlemen bahwa pasukan pertahanan Australia akan dipanggil untuk membantu pembersihan dan pemulihan. Pantai Utara Tengah New South Wales terkena dampak sangat parah, dengan Berejiklian menyatakan bahwa wilayah itu telah dilanda bencana “satu dalam 100 tahun”.

Di Lembah Hawkesbury-Nepean Sydney yang luas, sungai yang meluap berada pada tingkat yang tidak terlihat sejak 1990, setelah Bendungan Warragamba, sumber air minum utama kota, meluap pada hari Sabtu. Sekitar 500 gigaliter air dikeringkan dari bendungan – kira-kira setara dengan 200.000 kolam renang ukuran Olimpiade atau total volume air di Sydney Harbour.

Penduduk di beberapa daerah yang terkena dampak diizinkan untuk kembali ke rumah mereka pada hari Senin setelah air surut. Tetapi yang lain ditempatkan dalam kewaspadaan tinggi saat banjir bergerak menuju daerah mereka.

Otoritas pendidikan mengatakan lebih dari 200 sekolah ditutup, termasuk beberapa yang rusak akibat banjir. Andrew Hall, CEO Dewan Asuransi Australia, mengatakan masih terlalu dini untuk memahami tingkat kerusakan dan untuk “memperkirakan tagihan kerusakan asuransi”. (Diah Dewi/balipost)

Credit: Source link