Taiwan Simulasi Perang Lawan China

by

in
Taiwan Simulasi Perang Lawan China

Manuver kapal perang angkatan laut Taiwan di Hualien, Taiwan, pada hari Rabu. Foto oleh Ritchie B. Tongo / EPA-EFE

Taipei, Jurnas.com – Tentara Taiwan menggelar simulasi melawan serangan China pada Kamis (16/7). Latihan selama lima hari ini bertujuan menguji strategi angkatan bersenjata Taiwan bila harus mengusir invasi dari China.

Sebagaimana diketahui, Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, dan berjanji suatu hari akan merebut negara tersebut.

Dalam kegiatan simulasi, jet tempur Taiwan, kapal perang, dan pasukan darat memukul mundur upaya musuh untuk mendarat di pantai pusat kota Taichung, dalam operasi yang melibatkan sekitar 8.000 anggota militer.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menyaksikan latihan tersebut, kemudian mengatakan lewat akun Twitter resminya bahwa latihan itu “menunjukkan kepada dunia kemampuan pertahanan kita yang kuat dan tekad yang kuat untuk mempertahankan Taiwan“.

Dikutip dari AFP pada Kamis (16/7), Taipei telah hidup dengan ancaman invasi China sejak kedua belah pihak berpisah pada 1949 akibat perang saudara.

Baca juga.. :

Dalam beberapa dekade terakhir, Taiwan semakin kalah jumlah dan kalah oleh Tentara Pembebasan Rakyat China yang sangat besar.

Beijing telah menumpuk tekanan militer, ekonomi dan diplomatik terhadap Taiwan sejak Tsai berkuasa pada 2016, karena ia menolak untuk mengakui sikapnya bahwa pulau itu adalah bagian dari “Satu Cina”.

Tsai memenangkan pemilihan kembali pada Januari lalu, dalam apa yang dianggap sebagai teguran keras terhadap taktik kuat China terhadap pulau itu.

Tahun lalu, Presiden China Xi Jinping memberikan pidato khusus tentang Taiwan, memperingatkan penyatuannya “tidak terhindarkan”.

Dalam beberapa bulan terakhir pesawat-pesawat tempur China mulai hilir-mudik di Taiwan dengan frekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya. China juga berulang kali melanggar zona pertahanan udara Taiwan.

Ketidakcocokan militer juga diperparah oleh meningkatnya kewaspadaan pemerintah Barat untuk menjual sistem senjata canggih kepada Taiwan, karena takut menimbulkan kemarahan Beijing.

Kondisi itu mendorong Taiwan untuk mengembangkan perangkat kerasnya sendiri, termasuk rudal canggih, kapal, dan jet baru.

Beberapa perangkat keras baru itu, termasuk rudal hipersonik permukaan-ke-udara yang dibuat secara lokal, digunakan selama latihan minggu ini.

Tetapi pendekatan China yang semakin berotot terhadap pulau itu juga telah memicu kerja sama internasional baru dengan Taiwan.

Di bawah Presiden Donald Trump, Amerika Serikat bersedia untuk menjual peralatan perang termasuk jet tempur F-16 dan peralatan perang lainnya.

Awal pekan ini, Beijing berjanji untuk menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan pertahanan Lockheed Martin, sebagai tanggapan terhadap AS yang setuju untuk meningkatkan sistem rudal Patriot Taiwan.

Prancis juga membuat marah Beijing dengan menyetujui untuk meningkatkan sistem interferensi rudal terhadap kapal fregat, yang dibeli Taiwan pada 1990-an.

Washington tetap menjadi sekutu dan pemasok senjata tidak resmi terkemuka ke Taipei, meskipun mengalihkan pengakuan diplomatik ke Beijing pada 1979.

TAGS : Taiwan Simulasi Perang China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/75517/Taiwan-Simulasi-Perang-Lawan-China/