Tak Hanya pada Kain, Motif Batik Sarat Makna Kini Hadir di Botol Susu

JawaPso.com – Kini, cantiknya motif batik tak hanya bisa dinikmati lewat sehelai kain. Seiring perkembangan mode, hasil membatik telah banyak diaplikasi pada fashion item berupa sepatu, tas, topi, hingga aksesori. Tak hanya itu, motif batik yang penuh makna bahkan hadir dalam peralatan makan seperti piring hingga botol susu bayi.

Seperti yang dilakukan Pigeon dengan memperkenalkan botol motif batik pada tipe Slim Neck. Menggandeng Penggiat Batik, Iwet Ramadhan, motif-motif batik yang hadir dalam botol susu pun penuh akan makna. Seperti motif Koi, motif wijaya kusuma, dan motif kawung.

Menurut Iwet, ketiga motif tersebut memiliki arti yang mendalam. Terlebih dengan situasi kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

Seperti motif Koi. Bagi Iwet, Koi ini melembangkan simbol kekuatan dan kegigihan. Kalau dilihat dari karakternya, ikan koi selalu berenang melawan arus. “Ini menjadi simbol pandemi, kaya sekarang ini, Kita dites habis-habisan tapi kalau bisa survive maka kita akan bersinar,” ujar Iwet dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Lalu motif Wijaya Kusuma yang melambangkan kemuliaan. Harapannya, setelah dengan perjuangan selama pandemi, seseorang akan menemukan kemuliaan. Bahkan, ungkap Iwet, bunga wijaya kusumaitu dipercaya bunganya Bentara Wisnu yang memelihara alam semesta. Terakhir motif Kawung yang diartikan sebagai kenetralan.

Lalu, kenapa harus ada pada botol susu?

Editor : Nurul Adriyana Salbiah


Credit: Source link