Tampil di Google Doodle Hari Ini, Siapa Siti Latifah Herawati Diah?

Tampil di Google Doodle Hari Ini, Siapa Siti Latifah Herawati Diah?

JawaPos.com – Google Doodle hari ini Minggu (3/4) menampilkan sosok Siti Latifah Herawati Diah. Siapakah dia? Buat yang belum tahu, Siti Latifah Herawati Diah merupakan jurnalis perempuan dan tokoh pers di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, selain jurnalis, perannya sebagai salah satu perempuan paling inspiratif di Tanah Air juga penting. Siti Latifah Herawati Diah juga menjadi saksi, sekaligus pelaku dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

Siti Latifah Herawati Diah lahir tepat pada hari ini, yaitu 3 April tahun 1917. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan Google menampilkan sosok Siti Latifah Herawati Diah melalui karya Doodle hari ini.

Herawati, demikian dia dikenal, lahir dari pasangan Raden Latip, seorang dokter yang bekerja di Billiton Maatschappij, dan Siti Alimah. Dirinya selain menjadi tokoh pers di Indonesia, ternyata juga seorang istri dari mantan Menteri Penerangan yaitu Burhanuddin Mohammad Diah atau BM Diah.

Pada 1955, dia turut mendirikan The Indonesian Observer, surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia. Herawati juga memimpin upaya mendeklarasikan Kompleks Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Herawati belajar jurnalisme di Barnard College, New York. Setelah lulus ia kembali ke Indonesia pada 1942 dan menjadi reporter di United Press International (UPI).
Dia juga pernah bergabung sebagai penyiar di Radio Hosokyoku.


Credit: Source link

Related Articles