Tarik ke RI Investor dan Perusahaan yang Hengkang dari Rusia

Tarik ke RI Investor dan Perusahaan yang Hengkang dari Rusia

JawaPos.com – Sejumlah negara di dunia melakukan embargo ekonomi terhadap Rusia atas aktivitas invasinya ke Ukraina. Konflik tersebut pun telah membuat perdagangan internasional kedua negara mengalami hambatan.

Mengenai itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa terdapat peluang untuk memperluas pasar ekspor Indonesia. Salah satunya adalah Jerman.

“Jerman merupakan negara kedua terbesar bagi barang-barang ekspor Rusia, ini harus kita isi dari produk (ekspor) Indonesia. Jerman dan Belanda itu sangat besar ekspor dari Rusia,” kata dia di JCC Senayan, Selasa (15/3).

Selain pasar ekspor, potensi selanjutnya adalah relokasi pabrik dari Rusia. Dia menjelaskan, saat ini pemerintah tengah menyusun strategi untuk menarik para investor dari negara yang sedang berkonflik itu.

“Adanya pemikiran dari perusahaan-perusahaan multinasional untuk melakukan relokasi dari Rusia, keluar Rusia, ini potensi untuk kita,” imbuhnya.

Terdapat sejumlah perusahaan yang hendak hengkang dari Rusia akibat invasinya tersebut. Akan tetapi, ia tidak menyebutkan perusahaan mana saja yang memutuskan untuk cabut dari Rusia.

“Perusahaan-perusahaan ini yang berbasis di negara-negara barat sedang mencari tempat lain. Ini jadi suatu potensi untuk kita untuk bisa menarik mereka keluar dari Rusia dan masuk ke Indonesia,” tandas Agus.


Credit: Source link

Related Articles