Tedak Siten, Anak Ria Ricis Selalu Pegang Gitar dan Alquran

JawaPos.com – YouTuber Ria Ricis bersama sang suami, Teuku Ryan, menggelar acara tedak Siten untuk buah hati mereka Cut Raifa Aramoana atau akrab disapa Moana. Acara yang kental dengan tradisi adat Jawa tersebut disiarkan secara live di salah satu stasiun televisi swasta.

Saat baby Moana dimasukkan ke dalam kurungan dan di dalamnya ada banyak barang, Moana memegangi sejumlah barang beberapa kali. Misalnya mobil, kemudian Alquran, dan gitar.

“Apa pun yang dipegang kembali lagi ke Alquran. Mudah-mudahan apa pun profesi yang dipilih nanti, Moana kembali ke Alquran sebagai petunjuk,” kata Irfan Hakim selaku pemandu acara.

Moana sebenarnya memegangi banyak barang yang ada di dalam kurungan. Barang yang pertama kali dia pegang adalah kalkulator. Kemudian ada sejumlah barang lain yang juga dipegangnya.

Kendati demikian, Moana tidak memegangi uang sama sekali sampai Ria Ricis seolah melayangkan protes. “Dia nggak pegang uang,” ujar perempuan berhijab itu.

Mendengar pernyataan Ria Ricis, Irfan Hakim langsung meluruskan. Menurutnya, dengan menekuni sebuah profesi tertentu nantinya Moana akan mendapatkan limpahan rezeki dan uang.

Lantaran kerap memegangi Alquran, Irfan Hakim menduga Moana memiliki ketertarikan pada jalan dakwah. “Bisa berdakwah dengan jalan apa pun termasuk lewat musik,” katanya.

Setelah itu, dalam acara tedak siten Moana juga ada serah terima estafet berupa tongkat tebu wulung dari orang tua ke Teuku Ryan dan Ria Ricis. Maknanya, menjadi semacam harapan dari sesepuh agar Ria Ricis dan Teuku Ryan menjadi orang tua yang bak dan senantiasa menjaga Moana serta memberikan pengasuhan terbaik untuk mereka.

Sebagai orang tua, Ria Ricis dan Teuku Ryan diharapkan senantiasa memberikan contoh yang baik kepada putrinya, Moana.

Keseruan masih berlanjut dengan adanya adanya udik udik atau saweran yang diberikan Ria Ricis kepada para tamu undangan yang hadir sebagai ekspresi kebahagiaan mereka.

Selain itu, ada juga kegiatan memberi makan ayam. Dengan tujuan baby Moana diajarkan untuk mempunyai hati yang baik dapat mengasihi terhadap makhluk hidup baik terhadap manusia atau pun hewan. “Seru banget donk. Di kamarnya memang banyak buku-buku tentang animal,” kata Ria Ricis.


Credit: Source link