Telkomsel Dukung Event MotoGP dengan Teknologi 5G

Telkomsel Dukung Event MotoGP dengan Teknologi 5G

JawaPos.com- Wisatawan yang menonton perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, mendapat pengalaman aktivitas digital yang baru. Itu setelah Telkomsel menghadirkan teknologi 5G di area balapan premium tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan 5G, para pengunjung bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan pemasangan 5G di kawasan sirkuit adalah bentuk dukungan terhadap MotoGP Mandalika. “Kita ingin memberikan experience baru ke pengunjung dalam berinternet,” katanya saat meninjau outlet Telkomsel di kawasan Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3).

Melalui showcase yang digelar di booth resmi Telkomsel di Sirkuit Mandalika, kecepatan teknologi 5G lebih dari 5 Gbps. Kecepatan itu sangat mendukung aktivitas digital para penonton. Termasuk seluruh kru event MotoGP. Mereka bisa melakukan live streaming dan mengunggahnya ke channel YouTube dengan cepat.

Bahkan beberapa turis asing yang datang ke Mandalika pernah menyampaikan pengalamannya lewat medsos. “Di negara mereka sendiri belum ada (teknologi 5G, Red). Kita di Indonesia sudah bisa menghadirkan 5G. Ini kan menyangkut image positif Indonesia di mata tamu asing,” papar Sigit.

Di Lombok, Telkomsel sudah memasang teknologi 5G di dua spot. Selain Sirkuit Mandalika, spot lain adalah area Bandara Internasional Lombok (BIL). Dua lokasi tersebut sangat potensial dalam mengembangkan teknologi jaringan seluler generasi kelima itu. Ada pun secara nasional, Telkomsel sudah merambah 9 kota besar di Indonesia.

Meski demikian, Telkomsel secara bisnis belum memastikan untuk mengembangkan 5G dalam waktu dekat. Anak perusahaan Telkom itu akan melihat use case terlebih dahulu. Masih menunggu ekosistem dan network yang mendukung. “Secara komersial masih dikaji lagi. Salah satunya karena investasi masih terlalu mahal,” jelas Sigit.


Credit: Source link

Related Articles