Terbang ke AS, Jokowi Temui Joe Biden-Kamala Harris

by

in

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memulai kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Dia akan tinggal di Negeri Paman Sam hingga 13 Mei. Ada sejumlah agenda penting yang diusung Jokowi dalam lawatannya.

Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN. Mantan wali kota Solo itu juga berencana bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. Salah satu agendanya ialah membahas kerja sama antarnegara.

”Saya dan delegasi akan melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” ujar Jokowi kemarin (10/5) sebelum lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta. Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Selain bertemu Joe Biden, Jokowi akan menghadiri pertemuan dengan para anggota kongres dan beberapa CEO perusahaan besar di AS. Jokowi juga akan bertemu dengan Wapres AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika.

Jokowi menyatakan, saat ini Indonesia dipercaya menjadi koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021–2024. Dia berharap KTT khusus akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran masing-masing negara.

Presiden juga menegaskan bahwa ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra. Termasuk AS. Sinergi itu terkait dengan pengembangan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan. ”Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera,” tuturnya. (lyn/c9/oni)


Credit: Source link