Terlibat Politik Uang, Mendag Jepang Mengundurkan Diri

by

in
Terlibat Politik Uang, Mendag Jepang Mengundurkan Diri

Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara mengundurkan diri (Foto:Straits Times)

Tokyo, Jurnas.com – Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara mengundurkan diri pada Jumat (25/10), menyusul tuduhan pelanggaran hukum pemilu hanya sebulan setelah mengambil posisi kunci, yang ditugasi menangani sengketa perdagangan dengan negara tetangga Korea Selatan.

Perdana Menteri Shinzo Abe membenarkan bahwa dia telah menerima pengunduran diri Sugawara, dan meminta Hiroshi Kajiyama untuk mengambil alih pimpinan di Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri.

“Saya memikul tanggung jawab atas pengangkatannya dan saya sangat meminta maaf kepada rakyat Jepang untuk hasil ini,” kata Abe kepada wartawan di kantornya dikutip dari Reuters.

Sugawara berada di bawah tekanan setelah media mengatakan dia memberikan hadiah kepada pemilih di daerah pemilihannya di Tokyo, seperti melon dan kepiting yang mahal, dan menawarkan uang belasungkawa kepada keluarga pendukung, dalam kemungkinan pelanggaran hukum kampanye.

Terkait tuduhan ini, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga menilai Sugawara perlu memberikan penjelasan kepada publik.

Baca juga.. :

“Saya tidak ingin masalah saya memperlambat pertimbangan parlemen,” kata Sugawara kepada awak media.

Kajiyama, yang akan memimpin perundingan perdagangan dengan Seoul seandainya ia menerima penunjukan itu, sebelumnya memegang jabatan di kabinet Abe sebagai menteri yang bertugas merevitalisasi ekonomi lokal.

Jepang dan Korea Selatan telah terjebak dalam perselisihan perdagangan yang pahit sejak Tokyo tahun ini memperketat kontrol ekspor pada bahan-bahan penting bagi pembuat chip Korea Selatan, dan kemudian menjatuhkan Seoul dari daftar negara yang memenuhi syarat untuk ekspor jalur cepat.

Langkah itu sebagian dipandang sebagai pembalasan setelah pengadilan tinggi Korea Selatan Oktober lalu memerintahkan sejumlah perusahaan Jepang, untuk memberi kompensasi kepada warga Korea yang dipaksa bekerja di tambang dan pabrik perang mereka.

Abe dan Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yon bertemu pada Kamis kemarin, dan sepakat tentang pentingnya bekerja sama pada Korea Utara dan masalah-masalah lainnya, berusaha untuk membangun kembali hubungan di tengah perselisihan tentang sejarah dan perdagangan.

TAGS : Menteri Perdagangan Jepang Isshu Sugawara Politik Uang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/61485/Terlibat-Politik-Uang-Mendag-Jepang-Mengundurkan-Diri/