Toyota All New Prius hadir dalam versi HEV dan PHEV

Jakarta (ANTARA) – Toyota pada hari ini mengenalkan All-New Prius untuk pertama kalinya secara global, sekaligus menyatakan bahwa mobil yang sudah mengaspal sejak 1997 itu akan tersedia dalam dua mesin yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid (PHEV).

Laman resmi Toyota Global pada Rabu menuliskan bahwa All-New Prius versi HEV akan meluncur ke pasar mulai akhir tahun ini, sedangkan konsumen versi PHEV setidaknya harus menunggu hingga musim semi 2023.

Sebagai mobil hybrid pertama yang dipasarkan Toyota secara global, Prius mengalami transformasi desain secara bertahap. Jika generasi pertama terlihat berbentuk kotak dan kaku, generasi kedua terlihat lebih dinamis dengan desain siluet monoform.

Baca juga: Spesifikasi mobil listrik bZ4X yang harganya Rp1 miliar lebih

Prius generasi ketiga memperkenalkan mesin berkapasitas lebih besar, 1.800cc dengan sistem hybrid yang lebih efisien. Sedangkan Prius generasi keempat sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang meningkatkan performa berkendara.

Toyota menyebutkan bahwa Prius sudah terjual di seluruh dunia sebanyak 5,05 juta unit. Adapun untuk All-New Prius, Toyota menargetkan peluncuran perdana di Jelang, kemudian Amerika Utara dan Eropa.

 

Toyota mengenalkan All-New Prius secara global pada Rabu (16/11). (ANTARA/HO Toyota Global)

PHEV 2.0 liter

Prius baru hadir dengan Sistem Hibrid Plug-in 2.0 liter pertama yang menjanjikan akselerasi dan ketenangan berkendara yang lebih baik dari model sebelumnya.

Mesin PHEV itu mengombinasikan Dynamic Force Engine berefisiensi tinggi dengan baterai lithium-ion untuk menghasilkan 164 kW (223 PS) dengan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar.

Prius tipe ini bisa melaju 0-100 km/jam dalam 6,7 detik.

HEV 2.0 liter/1.8 liter

Prius tipe HEV 2.0 liter/1.8 liter menggunakan mesin Series Parallel Hybrid terbaru yang menawarkan akselerasi responsif sambil mempertahankan efisiensi bahan bakar.

Mesin itu memiliki output maksimum 144 kW (193 PS) untuk versi 2.0 liter, yang 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya. Prius versi HEV ini menyasar kalangan yang memerlukan mobil dengan stabilitas tinggi karena sudah dilengkapi sistem E-Four terbaru.

All New Prius memiliki panoramic view moonroof yang dapat dibuka penuh, sedangkan tipe PHEV dilengkapi sistem pengisian tenaga surya generasi kedua.

Baca juga: Coba bZ4X, SUV pintar Toyota yang berharga lebih Rp1 miliar

Baca juga: Toyota bZ4X tampil perdana ke hadapan publik di PKBLBB 2022 Bali

Baca juga: GWK tutup untuk KTT G20 hingga “Spongebob” di layar lebar 2025

Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link