Transformasi Dunia Fashion 2020, Dari Runaway ke Panggung Virtual

Transformasi Dunia Fashion 2020, Dari Runaway ke Panggung Virtual

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 membuat dunia mode ikut terdampak. Setiap hari menawarkan tantangan baru bagi para desainer dan timnya untuk diatasi di tengah pandemi kesehatan, depresi ekonomi, dan gerakan masalah global lainnya. Setelah berbulan-bulan di karantina di masa awal pandemi, rumah mode belakangan telah kembali bangkit baik itu di Prancis, Italia, hingga Amerika Serikat.

Transformasi tentu harus dilakukan dalam momen peragaan busana. Landasan pacu atau runaway berubah menjadi tampilan virtual. Tak ada lagi tepuk tangan penonton atau hiruk pikuk fashionista yang menyaksikan pekan mode secara langsung. Maka para desainer membentuk cara baru untuk memamerkan koleksi mereka dan mengekspresikan ide mereka selama pekan mode digital yang digelar untuk menggantikan catwalk dan presentasi produksi besar musim ini.

Bahkan momen pekan mode dunia sampai harus dibatalkan dan berubah konsep menuju virtual seperti disebutkan dalam laman Vogue. Pekan mode apa saja?

British Fashion Council 12–14 Juni

British Fashion Council pertama kali mengadopsi format online saat mengumumkan bahwa pekan mode berubah menjadi pekan digital di awal Juni. “Dengan menciptakan platform Pekan Mode budaya, kami mengadaptasi inovasi digital agar paling sesuai dengan kebutuhan kami saat ini dan sesuatu untuk dibangun sebagai pameran global untuk masa depan,” kata Kepala eksekutif British Fashion Council, Caroline Rush.

Namun, sebagian besar pemain besar seperti Burberry, Richard Quinn, dan Wales Bonner menunda memamerkan koleksi musim semi mereka hingga September.

Paris Fashion Week 6–8 Juli

Koleksi Dior yang gunakan kain tenun ikat Indonesia di ajang Paris Fashion Week. (ANTARA)

Di Paris, FHCM atau Fédération de la Haute Couture et de la Mode menjadi tuan rumah pekan mode couture virtual yang pertama. Selama acara digital tiga hari, maisons couture terakreditasi menyajikan video dan konten pelengkap yang akan ditayangkan langsung pada jadwal acara yang telah ditentukan. Diikuti oleh Schiaparelli, Iris Van Herpen, Christian Dior, Giambattista Valli, dan Azzaro. Chanel menampilkan koleksi busana ketiga Virginie Viard, dengan Ronald van der Kemp akan menutup hari kedua. Hari terakhir couture tidak kehilangan semangat, dengan pertunjukan dijadwalkan untuk Maison Margiela, Guo Pei, Bouchra Jarrar, Viktor & Rolf, dan pemutaran perdana pengalaman virtual Nick Knight yang imersif untuk Valentino.

Koleksi Pria Paris Fashion Week 9–13 Juli

FHCM mengumumkan bahwa koleksi musim semi 2021 pria berubah menjadi format video saja musim ini. Mirip dengan aliran pekan mode pria IRL, pekan digital akan diatur menurut slot waktu, memungkinkan streaming secara berurutan di satu platform pusat.

Milan Fashion Week 14–17 Juli

ILUSTRASI. Pekan mode Milan Fashion Week tidak seramai biasanya karena virus korona yang mulai menyebar di Italia. (The straits times)

Tim Camera della Moda Italia juga mengumumkan format peragaan busana pria dan wanita yang berfokus pada dunia maya dengan tanggal baru di bulan Juli berjudul Milano Fashion Week Digital. Dari diskusi panel di media sosial hingga janji temu showroom virtual, showcase fisik-digital musim ini memungkinkan desainer untuk menyajikan koleksi terbaru mereka atau sesuatu yang sama sekali berbeda.

Tontonan virtual dan proyek khusus, termasuk catwalk coed Etro yang dipentaskan di Four Seasons Hotel, platform showroom tiga dimensi Sunnei. Dan pertunjukan kapasitas virtual Prada, semuanya dibagikan secara global selama pekan mode digital untuk dinikmati pecinta mode di seluruh dunia dari rumah. Pada hari terakhir pekan mode digital Milan, Gucci dipastikan menayangkan perdana koleksi resor pria dan wanita 2021 dalam bentuk peragaan busana digital.

New York Fashion Week 11-16 September 2020

Pekan Mode New York terlihat berbeda tahun ini. Karena Covid-19 terus membuat kita tetap di rumah, acara mode ikonik ini menemukan cara baru dan inovatif untuk menghadirkan pertunjukan landasan pacu kepada penonton.

Presiden Fashion Designers of Latin America (FDLA), Albania Rosario, mengumumkan bahwa musim gugur ini, pertunjukan FDLA diselenggarakan secara digital, membuka pintu baru ke dunia peragaan busana.

Pertunjukan online berlangsung selama tanggal yang dijadwalkan sebelumnya untuk Pekan Mode New York: dari 11 hingga 16 September 2020.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles