UD Trucks hadirkan Quester Euro 5 yang irit dan ramah lingkungan

UD Trucks hadirkan Quester Euro 5 yang irit dan ramah lingkungan

Jakarta (ANTARA) –

“Ada dua teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah, yakni Selective Catalyc Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR). EGR mengharuskan untuk gunakan BBM bersulfur maksimal 50 ppm, setara dengan Pertamina Dex (nonsubsidi),” kata Kepala Eksekutif Astra UD Trucks Winarto Martono di Jakarta, Selasa.

“Dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan perusahaan truk Indonesia, UD Trucks memutuskan untuk menggunakan teknologi SCR,” imbuhnya.

Winarto melanjutkan, teknologi ini dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar biosolar atau solar subsidi dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

“Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan pengusaha truk di Indonesia,” katanya.

Quester Euro 5 (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Quester Euro 5 menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan tahun 2015, yaitu mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi SCR sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu, dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

Penggunaan AdBlue pun sebesar 3-5 persen dari bahan bakar yang digunakan, sehingga ini juga efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan di bawah ambang batas Euro 5, sehingga kendaraan memenuhi standar emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar subsidi.

Selain itu, Quester Euro 5 telah didaftarkan Serifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementerian Perhubungan.

Kemasan AdBlue ini menggunakan jirigen 10 liter, dan untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5, perusahaan akan memberikan 800 liter gratis kepada pelanggan yang dibagi dalam empat tahap pengiriman.

“Tangki AdBlue di Quester Euro 5 sebesar 50 liter, dan kami mengedukasi pelanggan untuk sediakan 1 jirigen AdBlue untuk cadangan saat kondisi darurat dalam kabin truk,” kata Winarto.

Selain itu, untuk mengontrol penggunaan Ad Blue, pengemudi dapat melihat indikator Ad Blue yang sudah ada di dasbor truk, serta fitur di telematics.

Winarto mengatakan harga AdBlue dibanderol sebesar Rp10.000 per liter dan bisa didapatkan di seluruh jaringan marketplace Astra UD Trucks di Indonesia.

Perusahaan juga meluncurkan berbagai paket penawaran dan penjualan spesial Quester Euro 5.

Kendaraan ini hadir dengan berbagai tipe dan varian mulai dari 4×2 R, 4×2 TH, 6×2 R, dan 6×4 TH, dengan kisaran harga lebih tinggi 2,5 hingga 3 persen dari seri pendahulunya.

Astra UD Trucks juga memberikan berbagai layanan purna jual yang bisa diakses dengan mudah dari berbagai kanal.

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022

Credit: Source link

Related Articles