Umay Shahab Akui Tak Hafal Teks Proklamasi

JawaPos.com – Teks proklamasi selalu diingat saat perayaan hari kemerdekaan tiba, termasuk dalam momen HUT ke-77 Republik Indonesia tahun ini. Teks tersebut adalah skrip sakral karena merupakan maklumat pada dunia kalau Indonesia tidak lagi di bawah kendali penjajah.

Sekalipun teks proklamasi tidak panjang, nyatanya banyak dari kita yang belum hafal. Aktor muda Umay Shahab adalah salah satunya.

“Nggak hafal, tapi saya tetap cinta Indonesia,” aku Umay Shahab saat ditemui di bilangan Kemang Jakarta Selatan, Selasa (16/8).

Sutradara film Kukira Kau Rumah itu mengaku sangat berterima kasih kepada para pendiri bangsa dan banyak orang yang telah korbankan harta bahkan nyawa mereka meninggal di tangan penjajah demi perjuangan kemerdekaan.

“Aku hargai perjuangan mereka,” kata sahabat sekaligus partner kerja Prilly Latuconsina itu.

Menurut Umay Shahab, tantangan kemerdekaan yang dihadapi saat ini adalah tentang persatuan dan kesatuan. Dia miris melihat media sosial kerap diwarnai dengan perpecahan dan pertikaian, mungkin motivasinya untuk kepentingan sesaat. Sementara ada kepentingan yang harus lebih diutamakan yaitu persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa.

“Terlalu banyak hal-hal negatif soal persatuan dan kesatuan ini. Yang diomongin di Twitter banyak pecah persatuannya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Umay Shahab, perlombaan 17-an tentang persatuan dan kesatuan sebenarnya diterjemahkan dalam bentuk lomba. Misalnya lomba panjang pinang mengharuskan adanya kebersaan dan soliditas tinggi untuk dapat mencapai puncak dan mengambil banyak hadiah.

“Semangat kemerdekaan bukan hanya dirayain lewat lomba-lomba tapi juga bisa diaplikasikan di media sosial atau di manapun,” kata Umay.


Credit: Source link