UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Capai Business Matching Rp1,2 Triliun

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 Capai Business Matching Rp1,2 Triliun
Dirut BRI, Sunarso. (BP/Dokumen BRI)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menyambut hari jadinya yang ke-127 PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022. Acara yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT BRI ke-127, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 diselenggarakan secara offline pada 14-18 Desember 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Opening ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 dilakukan pada Kamis (15/12) dan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, bersama Direktur Utama BRI Sunarso. UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 merupakan ajang inisiatif BRI mendorong pelaku UMKM untuk go global yang di tahun ini mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to the world”.

Tema tersebut mencerminkan optimisme BRI untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjadi bagian dari pasar global. Masyarakat dapat menyaksikan langsung produk UMKM pilihan terbaik melalui pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENUER 2022 yang berlangsung mulai 1 sampai 31 Desember 2022 di JCC mau pun secara daring.

Selain itu, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 juga menghadirkan acara online expo, Bazaar Online di marketplace Shopee dan Tokopedia, Live Shopping, Coaching Clinic, Podcast, Yuk Berkreasi, Business Matching, UMKM Haul, Nusantarasa, Sharing & Talkshow bersama ekspertis dalam “Ngobrol Bisnis & Pintar Brilianpreneur” hingga Business Matching Award.

Terdapat 500 UMKM Bazzar Online dan 250 UMKM showcase pilihan yang menawarkan produksi yang beragam kepada audience nasional hingga 40 buyers internasional dari 20 negara.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan multiplier effect dari UMKM sangat besar bagi ekonomi Indonesia. Kementerian Koperasi & UKM RI yang menunjukkan bahwa UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia. “BRI sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk terus menumbuhkembangkan dan memberdayakan UMKM”, terangnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut memajukan UMKM Indonesia. “BRI juga terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk bisa naik kelas dimana salah satunya adalah mendorong nasabah UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor dan Go International melalui event ini yang kami sebut sebagai UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR”, kata Sunarso.

Sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, lanjut Sunarso, BRI melihat peluang besar dari hasil karya anak bangsa yang dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain. Sunarso menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun, event ini semakin berkembang, baik dari nominal transaksi maupun jumlah negara maupun pesertanya.

Jumlah UMKM yang mengikuti kegiatan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, tahun 2019 diikuti 115 UMKM dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD33,5 juta (Rp.520 miliar), tahun 2020 diikuti 423 UMKM Showcase & 150 UMKM bazzar dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD57,5 juta (Rp890 miliar), tahun 2021 diikuti 500 UMKM bazzar online dengan dealing Business Matching mencapai USD65 juta (Rp1 triliun), dan tahun 2022 kali ini diikuti 500 UMKM bazzar online dan 250 UMKM showcase dengan dealing Business Matching mencapai USD75 juta (Rp1,2 triliun).

Kegiatan Virtual Business Matching UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dari 6-8 Desember ini menghasilkan 241 Business Matching Activity. Total deal sebesar USD 76,7 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

Terdapat peningkatan lebih dari 30% pada buyers participant dan lebih dari 40% dari negara participant dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Event ini menjadi perwujudan komitmen BRI dalam meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas dari UMKM dan produk UMKM di Indonesia sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam negeri maupun luar negeri,” terang Sunarso.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini menjadi saat yang tepat untuk meneruskan semangat Presidensi G-20 yang baru saja berlangsung di Bali. Ajang ini menjadi momentum yang tepat bagi UMKM tanah air bukan hanya menunjukkan kualitas produknya, tetapi juga menjadi kesempatan menunjukkan bahwa UMKM ikut mendukung dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

“Saya acungi jempol untuk kinerja BRI, atas kinerjanya dalam menyalurkan kredit dan melakukan pemberdayaan UMKM. Pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini tantangan kita untuk berkolaborasi dan melakukan berbagai terobosoan untuk meningkatkan ekspor UMKM dari yang saat ini masih 15% menjadi 17% pada 2024,” tambahnya.

Sementara itu, Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan “kolaborasi antara KemenBUMN, Kemenkop UKM, dan BRI di edisi ke 4 UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 ini selaras dengan ‘Gerakan Bangga Buatan Indonesia’ dan Bangga Berwisata Indonesia. Kerja kompak kita betrsama untuk mendorong UMKM untuk menyerap tenaga kerja perlu sangat diapresiasi,” ujarnya.

Ada beragam kategori produk UMKM yang ditampilkan, antara lain Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest. Untuk diketahui, Indonesia’s Finest hadir secara khusus sebagai salah satu momen kebangkitan UMKM Indonesia pada UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini.

Pada acara ini diadakan pula “Mix n Match” yang dikemas dalam program dari “Lokal Jadi Kece” yang menjadi momen unjuk gigi produk fesyen UMKM lokal.  Terdapat pula konten menarik Cerita Wastra yang akan mengupas tuntas budaya penggunaan salah satu Wastra Nusantara yaitu kain endek.

Rangkaian acara dan informasi terkait UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 dapat di akses melalui www.brilianpreneur.com dan Youtube Bank BRI. Pada website tersebut seluruh masyarakat dapat menikmati virtual expo hingga area Indonesian Finest. (Adv/balipost)

Credit: Source link

Related Articles