UMKM Sambut Antusias Kontes Masterclass Kopi vs Ikan

JawaPos.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar kontes bertemakan pasar laut Indonesia. Kegiatan ini merupakan dukungan atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Acara ini pun disambut baik oleh para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kontes bertajuk “Masterclass Ikan vs Kopi” yang dibuka pada 6-15 Juli 2021 lalu sukses menjaring 400 pendaftar atau UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti mengaku sengaja menghadirkan tantangan terhadap UMKM untuk menghasilkan produk perikanan yang bisa dinikmati dengan kopi.

“Alhamdulillah, animonya tinggi sekali dari kaum milenial. Selain UMKM, banyak pendaftar juga dari kalangan mahasiswa, ibu rumah tangga, dan para pelaku startup,” kata Artati dalam siaran pers, Minggu (5/9).

“Ngopi kini menjadi gaya hidup, terutama dengan hadirnya kopi-kopi kekinian. Nah, kita challenge para UMKM untuk menyandingkan produk mereka dengan kopi,” sambungnya.

Para juri pun sudah menyaring ratusan pendaftar tersebut hingga terpilih 10 besar dan telah diumumkan pada 10 Agustus. Mereka di antaranya Dean Suryatna (Surabaya) dengan produk Tongkol Puff Pastry, Esti Elizabeth Titingguluri (Yogyakarta) melalui produk Soes Kering Keju Tenggiri dan Ina Ratnawati (Probolinggo) dengan Cookies Ikan Lemuru Red Velvet.


Credit: Source link